Fakta Kelabang Raksasa, Ukuran hingga Harga Fantastis

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 16:16 WIB
Centipede climb on the branches
Foto: iStock
Jakarta -

Kelabang raksasa terekam oleh kamera saat sedang merayap di sudut dinding toilet sebuah kantor. Video viral yang berdurasi 15 detik ini diunggah oleh akun Instagram @makassar_iinfo pada Kamis (02/07/2020).

Kelabang raksasa ini membuat heboh netizen. Banyak yang berkomentar tentang betapa seramnya kelabang raksasa itu. Dalam video tersebut memang terlihat kelabang tersebut benar-benar besar dan tak biasa.

Dikutip dalam sciencemag.org, ada jenis kelabang raksasa memiliki racun yang dapat menyebabkan kelumpuhan yang cepat pada kadal, kecoa dan hewan lain yang kurang beruntung karena berada di menu makan malam invertebrata.

Racun kelabang juga bisa mendatangkan malapetaka pada sistem kardiovaskular, pernapasan dan saraf hewan lain.



Berikut beberapa fakta tentang kelabang raksasa yang perlu diketahui:

1. Kelabang Raksasa di Malang


Sebelum menyebarnya video ini. Kelabang raksasa pernah ditemukan di Malang. Kelabang atau lipan raksasa tersebut ditemukan di halaman Mapolres Malang dan memiliki ukuran panjang mencapai 20 cm. Menurut laporan detikcom beberapa waktu lalu, kelabang ini memiliki warna hitam yang mengkilap dengan kaki kuning gelap dan mengeluarkan bisa beracun.

2. Pernah Ditemukan di Beberapa Negara


Kelabang raksasa di dunia juga ada. Kelabang Raksasa pernah ditemukan di China dengan panjang lebih dari 20 centimeter. Di Amerika Utara, kelabang raksasa bernama Scolopendra heros dengan panjang 18 hingga 20 cm juga pernah ditemukan. Selain itu, kelabang raksasa Malaysia juga ditemukan memiliki panjang 20 cm.

3. Ditawar dengan Harga Mahal


Dilansir dalam Hawaii Tribune Herald (28/01/2018) seorang pria bernama Clayton Cambra menemukan kelabang raksasa di hutan dekat rumahnya di kawasan Honokaa, Hawaii. Panjang kelabang tersebut adalah 36,8 cm. Cambra pun pernah mendapatkan tawaran 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 14,4 juta. Rubinoff yang merupakan seorang ahli serangga dari Universitas Hawaii, mengklaim kalau kelabang raksasa yang ditemukan Cambra merupakan yang terbesar. Sebelumnya, rekor kelabang raksasa memiliki panjang hampir 30 sentimeter.

4. Kelabang Raksasa Terbesar


Menurut Guinness World Records, spesies kelabang raksasa (Scolopendra gigantea) memiliki ukuran sepanjang 26 cm di Amerika Tengah dan Selatan. Spesies ini juga dikenal sebagai kelabang raksasa Peru berkaki kuning yang dapat menjebak dan mengirim racun ke mangsanya seperti tikus, kadal dan katak. Racun yang dikeluarkan oleh kelabang raksasa ini juga dapat menyebabkan pembengkakan dan demam.

Tonton juga 'Keren! Begini Cara Ajari Serangga Berakting di Film':

[Gambas:Video 20detik]

(lus/erd)