6 Jalan di Palembang Mulai Diperbaiki, Lintas Timur Jadi Prioritas

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 15:13 WIB
Syaiful Anwar saat ditemui di kantor BBPJN Sumsel KM 7 (Raja Adil Siregar/detikcom)
Foto: Syaiful Anwar saat ditemui di kantor BBPJN Sumsel KM 7 (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang -

Enak titik jalan rusak di Kota Palembang, Sumatera Selatan ditargetkan mulus mulai tahun depan. Target mulus ini setelah ada kesepakatan kerja sama antara pemerintah dan badan usaha.

Kepala Balai Besar Jalan Nasional Sumsel, Syaiful Anwar menyebut enam ruas jalan yang segera diperbaiki, yaitu di Alang-Alang Lebar, Soekarno-Hatta, Ratu Prawiranegara, Mayjen Singa Dekane. Selain itu, ada pula jalan utama menuju Bandara SMB II.

"Setelah ada kerja sama antara pemerintah dan badan usaha di 2020 ini. Tercatat ada enam jalan rusak di Palembang yang akan diperbaiki," tegas Syaiful kepada wartawan di KM 7 Palembang, Jumat (3/7/2020).

Enam ruas jalan itu, kata Syaiful, menjadi prioritas karena bagian dari lintas timur sumatera. Sehingga menjadi salah satu ruas penting ketimbang di lintas tengah.

"Beban dan aktivitasnya di lintas timur ini lebih banyak. Jalanan lebih padat karena banyak kendaraan melewati lintas timur," katanya.

Khusus untuk lintas timur di Alang-Alang Lebar menuju terminal sepanjang 4 km dipastikan segera mulus. Sebab progres pengerjaan dilakukan secara bertahap.

"Untuk di Alang-Alang lebar sudah mulai. Dalam waktu dekat sudah bagus, semua sudah progress," katanya.

Terkait proyek kerjasama, telah dipastikan segera dikerjakan perusahaan konsorsium PT Adhi Karya dan PT Brantas Abipraya. Untuk nilai investasinya mencapai Rp 940 miliar untuk menggarap enam ruas jalan di Kota Palembang sejauh 30 KM.

Terakhir, untuk lintas timur sumatera sudah mulai mulus. Di mana ruas lintas timur dari Palembang-Jambi sudah dikerjakan sejak tahun 2019 lalu, khususnya titik kerusakan parah seperti Bayung Lencir, Peninggalan dan Sungai Lilin.

(ras/gbr)