Damkar Bogor Jebol Plafon Rumah Warga untuk Evakuasi Ular Sanca 4 Meter

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 11:44 WIB
Damkar Bogor evakuasi ular Sanca dari plafon rumah warga.
Damkar Bogor evakuasi ular Sanca (Foto: Dok. Istimewa)
Kabupaten Bogor -

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor mengevakuasi seekor ular Sanca di salah satu rumah warga. Ular yang sembunyi di plafon itu membuat tim damkar terpaksa harus menjebol plafon rumah warga tersebut.

"Iya betul ular sanca, jadi ularnya bersembunyi di situ (plafon rumah). Jadi untuk keluarin ularnya mau nggak mau kita jebolin plafonnya. Kalau nggak digituin, kita susah ambil ularnya. Soalnya kan sempit juga kita susah masuk ke plafonnya," kata Danru Rescue 2 Damkar Kabupaten Bogor Muhammad Ridwan, ketika dihubungi, Jumat (3/7/2020).

Damkar Bogor jebol plafon rumah warga untuk evakuasi ular sanca.Damkar Bogor jebol plafon rumah warga untuk evakuasi ular sanca. Foto: Dok. Istimewa

Ridwan menjelaskan, ular ini dievakuasi dari rumah milik warga bernama Adin di RT 05/02, Kampung Nanggewer Mekar, Kelurahan Nanggewer, Cibinong, Kabupaten Bogor. Dia mengungkapkan, Adin tak sengaja melihat ular sanca ini saat berada ke dapur sekitar pukul 06.00 WIB pagi ini.

"Kelihatannya badannya, badannya kelihatan (di plafon rumah). Cuma ular itu sebelumnya katanya pernah dilihat (Adin) juga. Cuma tadi kebetulan ada (dilihat Adin), langsung respon ke kami (damkar)," ucapnya.

Damkar pun menuju ke lokasi dan langsung melakukan evakuasi. Ridwan mengatakan sanca yang dievakuasi ini adalah ular dewasa dengan panjang sekitar 4 meter.

Dia mengungkapkan sebelum ular sanca 4 meter ini dievakuasi, pemilik rumah sebelumnya juga pernah menangkap 3 anak ular sanca. Diduga, lanjutnya, ular sanca ini datang ke rumah Adin untuk mencari mangsa karena habitatnya tergerus.

"Untuk dugaan kemungkinan (ada ular lain) bisa saja ada, karena sebelumnya penghuni rumah sempat mendapatkan 3 ekor ular sanca kecil di rumah. Dan yang jelas sudah saya sampaikan kepada penghuni rumah apabila menemukan kembali ular lain bisa hubungi kami kembali untuk proses evakuasi," tandasnya.

Tonton video 'Ular Piton 3 Meter Ditemukan Dekat Kamar Bayi di RSUD Parepare':

(fas/fas)