Tentang Ikan Napoleon yang Muncul Lagi di Laut Sumbar Usai 26 Tahun Hilang

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 10:57 WIB
Ikan Napoleon muncul lagi di perairan Sumbar.
Foto: Ikan Napoleon muncul lagi di perairan Sumbar. (Dok Loka Kawasan Konservasi Peraitan Nasional (LKKPN) Pekanbaru)
Padang -

Kemunculan lagi ikan napoleon di laut Sumatera Barat (Sumbar) setelah menghilang sejak 1994 bikin heboh. Ikan dengan nama latin Cheilinus undulatus ini merupakan jenis ikan yang terancam punah.

Dilihat dari situs daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN), Jumat (3/7/2020), ikan napoleon masuk dalam kategori 'endangered' atau terancam punah. Status ini merupakan tahap ke-4 sebelum suatu spesies benar-benar punah dari Bumi.

IUCN menyebut jumlah individu dewasa ikan napoleon terus menurun. Ikan yang masuk dalam keluarga Labridae ini disebut tersebar di sejumlah kawasan mulai dari perairan Australia, Jepang, Papua Nugini, Indonesia dan berbagai negara lain.

Dalam situs IUCN, ada 2 hingga 3 ekor ikan napoleon dewasa per 8.000 meter persegi di perairan bagian utara Queensland, Australia, pada 2002. Tak ada data detail jumlah populasi ikan ini secara global.

Namun, kepadatan ikan ini disebut sangat rendah alias jarang terjadi ada lebih dari 10 ekor ikan napoleon pada area 10.000 meter persegi. Salah satu masalahnya rendahnya jumlah ikan ini adalah keberadaan habitatnya, yakni terumbu karang.

Ikan ini disebut sebagai hewan hemafrodit alias bisa berubah jenis kelamin dari betina ke jantan. IUCN juga menekankan soal bias jenis kelamin saat pendataan ikan ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2