Dicatut Jadi Pendukung Rian Ernest di Pilwalkot, Warga Lapor Bawaslu Batam

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 09:49 WIB
Jubir PSI Rian Ernest.
Foto: Bakal calon wali kota Batam, Rian Ernest (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Bawaslu Kepulauan Riau (Kepri) mengatakan Bawaslu Kota Batam menerima laporan terkait salah satu bakal calon wali kota Batam, Rian Ernest. Bawaslu Kepri menyampaikan laporan berisi dugaan pencatutan data diri warga sebagai pendukung Rian.

"Memang kemarin info yang saya dapat itu (warga merasa namanya dicatut di daftar pendukung Rian Ernest-red), memang sudah ada yang melaporkan terkait yang tidak mendukung tapi namanya masuk dalam list dukungan bakal calon perseorangan. Nah kemarin mereka sudah laporkan ke Bawaslu terkait itu," kata anggota Bawaslu Kepri, Idris, saat dihubungi detikcom, Jumat (3/7/2020).

Idris menuturkan laporan itu telah ditindaklanjuti oleh Bawaslu Kota Batam. "Pada saat ini saya kira Bawaslu sudah menindaklanjuti laporan itu. Itu lagi diproses di Bawaslu Kota," imbuh Idris.

Idris mengungkapkan banyak warga yang protes karena data dirinya masuk daftar pendukung Rian. Warga kemudian mencatatkan aduannya dalam form.

"Memang kemarin ada banyak sih yang ditemukan seperti itu, ada yang masyarakatnya komplain. Ada juga yang misalnya hanya ya sudah nggak mendukung, lalu mencatat dalam form, proseduralnya seperti itu," ujar Idris.

Idris menuturkan laporan warga terkait Rian juga sudah diletahui Ketua Bawaslu Kepri, Sjahrie Papene. "Nah kebetulan Pas Sjahrie itu kemarin lagi supervisi di Kota Batam, menjumpailah ada pelaporan. Makanya dilakukan pendampingan oleh Divisi Pelanggaran," imbuh Idris.

Selanjutnya
Halaman
1 2