Round-Up

Koalisi Jokowi Tangkis Kritik Amien Rais

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 05:44 WIB
Amien Rais di Semarang
Foto: Amien Rais di Semarang (Angling/detikcom)
Jakarta -

Amien Rais kembali muncul lewat kritiknya terhadap pidato Presiden Joko Widodo yang memarahi para menteri dalam sidang kabinet paripurna 18 Juni lalu. Koalisi Jokowi pun ramai-ramai menangkis serangan Amien Rais.

Kritik itu disampaikan Amien Rais lewat video di Instagram, @amienraisofficial, seperti dilihat detikcom, Kamis (2/7/2020). Amien mulanya mengaku merasa khawatir dengan beberapa menteri yang dipilih Jokowi, namun dia menilai tim ini telah matang hingga kini sudah bekerja.

"Saya terbit kasihan, terbit ketawa juga. Kemudian seperti menepuk air didulang, terpecik muka sendiri juga," ujar Amien Rais.

Dalam kritiknya, Amien Rais menyoroti latar belakang para menteri Jokowi. Mereka yang disoroti Amien Rais adalah mantan CEO, pebisnis hingga 'super minister'.

"Sejak semula saya agak khawatir, bahwa hampir sepertiga menteri saya kira nggak ada sifat kerakyatannya. Jadi seorang CEO, tiba-tiba mengurusi kementerian besar, kementerian pendidikan nasional. Kemudian seorang yang pemain uang, pikirannya hanya uang, bagaimana kemudian dia malah memilikirkan bagaimana membeli saham Inter Milan di Eropa, kemudian klub-klub basketball dalam dan luar negeri tiba-tiba urusi BUMN kita," kata Amien Rais.

"Ada lagi yang merasa menjadi super minister merasa tahu semuanya, memborong dan lain-lain, ini tidak sehat, begitu," lanjutnya.

Tentang kejengkelan Jokowi terhadap para menterinya itu, Amien Rais menilai ada dua kemungkinan.

"Nah sekarang saya lihat ada dua kemungkinan, pertama Pak Jokowi maaf sedang bersandiwara politik, dengan mengaduh-aduh merintih-rintih, biar rakyat kembali menjadi mempercayai Pak Jokowi, mencintai Pak Jokowi, beliau harus dibela. Jadi yang maaf membuat jengkel Pak Jokowi adalah para menterinya, sementara Pak Jokowi itu bagus sekali," urai Amien Rais.

Kritik Amien Rais ini kemudian ditanggapi parpol-parpol koalisi Jokowi. Berikut ini rangkuman pembelaan parpol koalisi Jokowi atas tudingan Amien Rais:

Selanjutnya
Halaman
1 2