Pernyataan Lengkap Starbucks soal Kasus Karyawan Intip Payudara Via CCTV

Herianto Batubara - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 15:52 WIB
Logo Starbucks
Gerai Starbucks Foto: Ari Saputra/detikFoto
Jakarta -

Starbucks Indonesia angkat bicara gara-gara kasus salah seorang karyawannya yang mengintip payudara pelanggan lewat CCTV. Videonya viral di media sosial dan dikecam netizen. Starbucks Indonesia memastikan pelakunya telah dipecat.

Senior General Manager Corporate PR and Communications PT Sari Coffee Indonesia, Andrea Siahaan mengatakan, Starbucks Indonesia sangat resah setelah mengetahui adanya peristiwa ini. Dia memastikan kasus ini tidak akan terulang.

"Perilaku tersebut tidak dapat kami toleransi dan individu yang bersangkutan sudah tidak bekerja lagi bersama PT Sari Coffee Indonesia," kata Andrea lewat email kepada detikcom, Kamis (2/7/2020).

Berikut pernyataan lengkap Andrea Siahaan mewakili Starbucks Indonesia:

Pertama, kami PT Sari Coffee Indonesia sangat resah mengetahui bahwa telah terjadi perilaku di luar norma yang kami junjung, di mana kami berharap setiap pelanggan di seluruh gerai kami merasa nyaman dan aman.

Kami telah menindaklanjuti kejadian tersebut dengan karyawan yang bersangkutan dan memastikan agar tidak terulang kembali kejadian seperti ini.

Perilaku tersebut tidak dapat kami toleransi dan individu yang bersangkutan sudah tidak bekerja lagi bersama PT Sari Coffee Indonesia.

Demikian pernyataan yang dapat kami sampaikan.

Atas perhatian, pengertian dan kerja sama Anda, saya haturkan terima kasih sebesarnya.


Hormat saya,
Andrea Siahaan

Snr. GM PR & Communications
PT Sari Coffee Indonesia

Pernyataan hampir senada juga disampaikan Starbucks Indonesia lewat media sosial resminya, salah satunya akun Twitter @SBuxIndonesia. Pihak gerai kopi ini menyatakan sangat tidak nyaman setelah mengetahui insiden tersebut terjadi di area gerai Starbucks.

Starbucks Indonesia menyatakan perilaku karyawannya tersebut di luar norma-norma yang selama ini dijunjung Starbucks. Starbucks mengatakan selama ini selalu menerapkan standar yang tinggi agar setiap pelanggan di seluruh gerai merasa nyaman dan aman.



detikcom telah mengajukan sejumlah pertanyaan via email kepada Andrea, termasuk soal identitas atau inisial pelaku hingga kapan dan di mana peristiwa tersebut terjadi. Selain itu juga soal bagaimana si karyawan tersebut bisa mengakses monitor CCTV. Namun hingga berita ini diterbitkan, belum ada jawaban.

Video yang viral itu merupakan unggahan Instagram Story seorang pria. Bersama rekannya, dia memantau kamera CCTV di Starbucks dan meminta kamera di-zoom menyorot bagian payudara seorang pelanggan perempuan. Di video itu, terdengar pula mereka tertawa.

Video ini mendapat kecaman masif di media sosial. Ulah para pelaku mengintip pelanggan lewat CCTV dinilai sebagai pelecehan seksual. Banyak netizen perempuan yang merasa resah atas kasus ini dan merasa khawatir jika nantinya datang ke gerai Starbucks.

Tonton video 'Pegawai Starbucks Intip Payudara Pelanggan Lewat CCTV':

(hri/imk)