Massa Mahasiswa Sambangi Kemendikbud, Tuntut Keringanan 50% UKT

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 15:24 WIB
Demo mahasiswa di Kemendikbud menuntut soal UKT
Demo mahasiswa di Kemendikbud menuntut soal pemotongan UKT (Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Gerakan Mahasiswa Jakarta Bersatu melakukan aksi di depan gerbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Mereka menuntut adanya keringanan uang tunggal kuliah (UKT) sebanyak 50 persen.

Pantauan detikcom di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, (2/7/2020) massa mahasiswa mulai mendatangi lokasi pada pukul 14.18 WIB. Mereka tampak membawa spanduk yang bertuliskan 'KAMPUS TUTUP KULIAH DI JALAN'.

"Kita menuntut Nadiem Makarim membuat kebijakan untuk keringanan biaya UKT atau SPP 50 persen. Betul teman-teman. Kami tidak akan pulang pak sebelum kami bertemu Pak Nadiem Makarim. Kami tak akan pulang sebelum Pak Nadiem menyetujui tuntutan kita," kata orator dari mobil komando di lokasi, Kamis (2/7/2020).

Lebih lanjut, orator mengatakan kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim masih dianggap belum jelas bagi perguruan tinggi swasta (PTS). Menurutnya, kebijakan yang ada untuk PTS saat ini masih belum cukup.

"Kemarin kita dapat edaran dari Bapak Nadiem Makarim PTS 400 ribuan mahasiswa dapat bantuan dan itu pun masih nggak jelas teman-teman dan itu pun cuma 1 triliun, 1 triliun untuk seluruh Indonesia. Kita bakal kebagian berapa teman-teman kalau misalkan dibagi-bagi itu 1 triliun. Apakah cukup untuk PTS 1 triliun. Cukup nggak teman-teman?" teriak orator di lokasi.

Tampak, sejumlah mahasiswa tersebut mengenakan masker dan mengenakan beberapa di antaranya terlihat mengenakan almamater kampus. Terlihat juga, beberapa personel polisi telah bersiaga menjaga gerbang depan gedung Kemendikbud.

Mereka datang secara long march dari di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di depan Halte Bundaran Senayan hingga ke depan gerbang Kemendikbud. Selama long march, para mahasiswa pun menyanyikan lagu 'Gugur Bunga'.

Tonton video 'Menteri Nadiem Terbitkan Aturan Keringanan Uang Kuliah Mahasiswa':

Selanjutnya
Halaman
1 2