Jual Sisik Trenggiling, Pria di Sumbar Ditangkap

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 20:24 WIB
Seorang pria di Pasaman, Sumbar, diamankan karena menjual sisik trenggiling yang merupakan satwa dilindungi (dok. istimewa)
Seorang pria di Pasaman, Sumbar, diamankan karena menjual sisik trenggiling yang merupakan satwa dilindungi. (dok. istimewa)
Padang -

Seorang pria asal Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar), diamankan polisi dan petugas Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat. Pria berinisial IL (34) tersebut ditangkap karena memperdagangkan sisik trenggiling (Manis javanica), yang merupakan satwa dilindungi.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Sumbar, Khairi Ramadhan, mengatakan pelaku saat ini sudah diamankan di Mapolres Pasaman untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Pelaku sudah kita amankan, dan sekarang dalam proses pemeriksaan di Polres Pasaman," kata Khairi kepada detikcom, Rabu (1/7/2020).

Pelaku IL merupakan warga Lubuk Gadang, Rao, Kabupaten Pasaman. Ia diamankan di halaman sebuah penginapan di daerah itu. Diduga, tersangka sedang menunggu calon pembeli sisik trenggiling yang dibawanya.

"Dari tangan pelaku diamankan kurang-lebih 1 kilogram sisik trenggiling yang sudah dikeringkan dan akan diperjualbelikan," kata Khairi.

Dalam keterangannya kepada petugas, pelaku menyebut akan melakukan jual-beli sebanyak 10 kilogram sisik tersebut seharga Rp 1 juta per kilogram. Namun ia keburu tertangkap, saat sisa barang lainnya belum terkumpul.

Pelaku terancam Pasal 40 ayat 2 juncto Pasal 21 ayat 2 huruf d Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan ancaman pidana penjara maksimal lima tahun dan denda maksimal Rp 100 juta.

(jbr/jbr)