Update PPDB DKI di ppdb.jakarta.go.id dan PPDB Bekasi di Link Berikut

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 18:25 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta -

Proses penerimaan peserta didik baru atau PPDB terus berlanjut bagi siswa yang harus melanjutkan sekolah. PPDB DKI Jakarta membuka pendaftaran jalur prestasi hari ini Rabu (1/7/2020), sedangkan PPDB Bekasi baru saja mulai.

Update seputar PPDB DKI Jakarta bisa diketahui dengan mengklik link https://ppdb.jakarta.go.id/. PPDB DKI Jakarta jalur prestasi akan berlangsung pada 1-3 Juli 2020 dan peserta yang lolos wajib lapor diri pada 4 atau 6 Juli 2020.

Hari pertama PPDB DKI Jakarta jalur prestasi diwarnai keluhan orang tua peserta yang kesulitan mengakses layanan penerimaan siswa. Orang tua sudah berusaha secepat mungkin melakukan pendaftaran, namun masih juga mengalami kendala.

"Ini lagi coba ya. Dari tadi sudah standby jam 8 ya. Tapi kondisi sistemnya sama seperti yang kemarin-kemarin ya, kendala. Mungkin servernya di PPDB DKI yang sedikit bermasalah. Jadi waktu mau mendaftar itu nggak ada pilihan sekolahnya gitu, terus lamban juga," kata salah satu orang tua peserta PPDB Sufriadi, Rabu (1/7/2020).

Selain kinerja server, syarat usia juga sempat dikeluhkan orang tua calon peserta didik baru. DPR ikut bicara terkait kisruh ini dan meminta proses PPDB DKI Jakarta diulang karena dinilai menyalahi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud). PPDB selanjutnya dilaksanakan berdasarkan jarak rumah-sekolah, bukan usia calon murid.

"Akhirnya kami mengambil sikap bahwa keputusan Disdik DKI menyalahi Permendikbud. Permendikbud ini adalah payung aturan untuk pelaksanaan pendidikan di Indonesia, termasuk DKI. Kami minta agar peraturan Disdik DKI dicabut, diulang kembali untuk penerimaan PPDB sesuai dengan jarak sekolah. Kalau jarak sekolah ternyata ada yang sama, baru usia yang lebih tua masuk," kata Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf.

Sementara itu, untuk PPDB Bekasi, update informasinya bisa diketahui dengan mengklik link https://bekasi.siap-ppdb.com/#/. PPDB Bekasi kini memasuki tahap pendaftaran, yang berlangsung pada 1-4 Juli 2020 pukul 09.00-15.00 WIB. Sebelumnya peserta wajib mengajukan permintaan pembuatan akun dan mengunggah dokumen yang disyaratkan.

Peserta PPDB Bekasi bisa memilih empat jalur pendaftaran yang disediakan pemerintah. Jalur tersebut adalah prestasi akademik-non akademik, tahfiz Al-Qur'an, perpindahan orang tua, dan guru.

(row/pal)