Kemenag Aceh Ungkap Ada KUA Kosong Saat Jam Kerja: Jangan Terulang

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 16:55 WIB
Pernikahan dan buku nikah. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi pernikahan (Foto: dikhy sasra)
Banda Aceh -

Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Aceh mengingatkan jajaran di Kantor Urusan Agama (KUA) tidak melakukan pungutan liar (Pungli) terhadap warga yang ingin mengurus pernikahan. Proses pernikahan di KUA tidak dipungut biaya alias gratis.

"Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, jangan meminta dan tidak boleh ada kutipan, karena meminta itu sangat berbahaya, apalagi pemerintah telah menetapkan biaya pencatatan di dalam dan di luar kantor, layanan administrasi di KUA juga gratis," kata Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh Saifuddin kepada wartawan, Rabu (1/7/2020).

Saifuddin mengatakan ada laporan masyarakat soal kondisi KUA yang kosong saat siang hari atau setelah salat zuhur. Padahal, katanya, waktu tersebut masih termasuk jam kerja pegawai KUA.

"Berdasarkan laporan masyarakat dan hasil monitoring tim Bidang Urais Binsyar Kanwil Kemenag Aceh yang melakukan sidak ke lapangan ke beberapa KUA masih ditemukan KUA kosong habis zuhur, padahal masih jam kerja. Hanya tinggal satu orang staf saja di kantor dan itu honorer. Ini tidak boleh terjadi, tidak baik meninggalkan kantor saat jam kerja," ujar Saifuddin.

Selanjutnya
Halaman
1 2