Kisah Inspiratif Bripka Edi Ngajar Ngaji Anak-anak Desa di Bengkulu

Hery Supandi - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 16:41 WIB
Suasana saat Bripka Edi mengajar ngaji (dok. Istimewa)
Suasana saat Bripka Edi mengajar ngaji. (dok. Istimewa)
Bengkulu -

Ada kisah inspiratif dari salah satu personel kepolisian di Bengkulu, Bripka Edi Santoso. Polisi yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Kayu Manis, Kecamatan Curup, Rejang Lebong, Bengkulu, ini mengajar ngaji kepada anak-anak di desa tersebut secara gratis.

Bripka Edi bercerita bahwa mengajarkan ngaji kepada anak-anak ini telah dilakukannya sejak 2015. Edi mengaku awalnya merasa iba karena tak ada yang mengajarkan ngaji untuk anak-anak di desa terpencil itu.

"Awalnya saya iba melihat anak-anak di desa terpencil, mereka jauh sekali dari ilmu agama, karena orang tua mereka sehari-hari hanya di ladang atau kebun. Akhirnya saya izin sama kepala desa agar diizinkan mengajar ngaji di masjid desa," ujar Edi, Rabu (1/7/2020).

Bripka Edi memiliki 50 orang anak yang menjadi murid ngajinya. Dia juga kerap menjadi penceramah di desa setempat.

Kepala Desa Kayu Manis, Mulyono, mengaku senang ada orang yang mau mengajarkan ngaji kepada anak-anak di desanya. Dia mengatakan anak-anak di desanya tak lagi hanya bermain di kebun.

"Kami sangat senang anak di desa yang tadinya hanya bermain di kebun saat ini sudah bisa mengaji dan salat," ujar Mulyono.

(haf/haf)