Reshuffle Memanas, Ini 16 Menteri Asal Parpol di Kabinet Jokowi

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 13:09 WIB
Ekspresi Jokowi dianalisis pakar gestur. (Tangkapan layar kanal YouTube Setpres RI)
Ekspresi Jokowi dianalisis pakar gestur. (Tangkapan Layar Kanal YouTube Setpres RI)
Jakarta -

Sinyal kuat reshuffle kabinet keluar dari mulut Presiden Jokowi. Akankah para pembantu presiden parpol di Kabinet Indonesia Maju ikut terkena dampak evaluasi menteri?

Pernyataan reshuffle kabinet terlontar saat Presiden Jokowi memimpin sidang kabinet paripurna. Jokowi menyayangkan para pembantunya kurang sense of crisis. Jokowi menuntut para pembantunya bekerja extraordinary di tengah pandemi COVID-19.

"Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle. Udah kepikiran ke mana-mana saya. Entah buat perppu yang lebih penting lagi. Kalau memang diperlukan. Karena memang suasana ini harus ada, suasana ini tidak, bapak ibu tidak merasakan itu sudah," tegas Jokowi di hadapan para menterinya saat memimpin sidang kabinet paripurna pada 18 Juni 2020.

Kalangan pengamat politik melihat Presiden Jokowi serius ingin me-reshuffle kabinet untuk mengoptimalkan kinerja pemerintahan. "Kalau melihat situasi saat ini, saya yakin kemungkinan besar Pak Jokowi akan melakukan evaluasi," kata pendiri Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Hendri Satrio, kepada detikcom, Senin (29/6/2020).

Sinyal kuat Jokowi akan me-reshuffle menteri yang langsung terkait penanganan COVID-19 dan dampak ekonominya. Sejumlah menteri disentil, menteri lainnya diingatkan untuk membuat terobosan extraordinary. Kementerian di sektor ekonomi dan kesehatan yang kena sinyal kuat reshuffle diisi oleh menteri dari kalangan profesional non-parpol ataupun asal parpol.

"Dari yang disampaikan Pak Jokowi, justru lebih di level humaniora. Kemungkinan besar yang berkaitan dengan masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, agama, sosial, pembangunan manusia, dan kebudayaan," kata Hensat memprediksi sektor menteri yang kena reshuffle.

Total ada 34 menteri i Kabinet Indonesia Maju. Dari jumlah tersebut, 18 kursi diisi oleh sosok dari kalangan profesional non-parpol, sedangkan 16 menteri diisi oleh sosok berlatar belakang parpol.

Tonton video 'Jokowi Ancam Reshuffle, Tito: Urusan Allah-Hak Prerogatif Presiden':

Berikut ini 16 menteri asal parpol di Kabinet Indonesia Maju:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2