Swab Test di 68 Pasar DKI, 142 Pedagang Terkonfirmasi Positif Corona

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 11:38 WIB
Sebanyak tiga pedagang di Pasar Mede Cilandak, Jakarta Selatan, dinyatakan positif terpapar virus Corona. Hal tersebut langsung membuat pasar ditutup sementara.
Pasar Mede Cilandak, Jakarta Selatan (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Direktur Utama Perumda (PD) Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan saat ini ada 142 pedagang pasar yang dikonfirmasi positif COVID-19. Para pedagang itu berasal dari 68 pasar yang ada di wilayah DKI Jakarta.

"Sampai sejauh ini, yang sudah di-swab test 68 pasar, melibatkan 6.624 pedagang. Hasilnya positif 142 (pedagang) atau 2%," ujar Arief kepada wartawan, Rabu (1/7/2020).

Sementara itu, ada 4.967 pedagang yang negatif Corona. Sisanya, ada 1.115 pedagang masih menunggu hasil.

"Negatif 4.967 (pedagang) atau 75%, menunggu hasil masih 1.115 (pedagang) atau 23%," ucapnya.

Arief mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penambahan swab test di pasar yang dikelola oleh PD Pasar Jaya. Total, ada 155 pasar yang dikelola langsung oleh PD Pasar Jaya.

"Semua 155 pasar di Pasar Jaya. Saya akan teruskan swab test karena penting untuk masyarakat kita, tapi gambaran seperti ini, indikator yang saya sampaikan, apakah pergerakan baik atau tidak, kan balik ke kita, tapi saya bisa gambarkan di sini, dari indikasi yang sudah dapatkan, angkanya flat. Artinya, pertumbuhan atau penyebaran COVID (di pasar) ini angkanya tidak bergerak signifikan seperti yang dikhawatirkan," katanya.

Oleh karena itu, kata Arief, penambahan jumlah swab test itu perlu dilakukan. Tujuannya, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 makin masif.

"Swab test ini kan memang untuk melakukan antisipasi penyebaran, karena kalau tidak dilakukan swab, kita nggak tahu," katanya

Tonton video '4 Pedagang Positif Corona, Pasar Gembrong Ditutup!':

(gbr/gbr)