HUT Bhayangkara Ke-74, Jokowi: Pandemi COVID Cobaan Berat, Harus Kerja Keras

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 09:02 WIB
Presiden Joko Widodo mengunjungi pasar pelayanan publik di Banyuwangi, Jatim. Ia tampak mengenakan face shield hingga masker saat blusukan di Banyuwangi.
Presiden Jokowi (Dok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato dalam HUT Bhayangkara ke-74 di Istana. Jokowi menyinggung pandemi COVID-19 yang melanda dunia menurutnya cobaan berat.

"Sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh cepat menyerah, pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia merupakan cobaan yang berat," kata Jokowi seperti yang disiarkan YouTube Setpres, Rabu (1/7/2020).

Jokowi mengajak semua pihak bekerja keras menghadapi COVID-19. Dia menegaskan masalah kesehatan dan ekonomi harus diselesaikan.

"Kita harus terus berikhtiar dan bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi," kata Jokowi.

Jokowi menekankan pentingnya kehadiran Polri di tengah pandemi COVID-19. Polri di tingkat pusat hingga daerah, kata Jokowi, harus aktif, terutama menjaga keamanan di saat Indonesia berjuang menghadapi COVID-19.

"Dalam situasi sulit sekarang ini, kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat sangat dibutuhkan, dari jajaran Mabes dan polda, polres dan polsek, sampai bhabinkantibmas di desa-desa harus ikut aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan," kata Jokowi.

"Aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi tetap kondusif tetap aman dan damai," imbuh Jokowi.

Tonton video 'HUT Bhayangkara ke-74, Kapolri Berziarah ke TMP Kalibata':

(gbr/fjp)