Eks Pj Walkot Makassar Mundur dari Kepala Bappelitbanda Sulsel

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 07:42 WIB
Pj Walkot Makassar, Yusran Jusuf di Posko COVID-19, Jalan Nikel, Makassar. Sulsel, Rabu (10/6/2020).
Foto: Mantan Pj Walkot Makassar Yusran Jusuf. (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbanda) Pemprov Sulsel, Yusran Jusuf menyatakan mundur dari jabatannya. Yusran mengajukan pengunduran diri tersebut sesaat setelah dicopot Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dari jabatan Pj Wali Kota Makassar.

"Surat pengunduran diri tersebut betul. Sesuai yang saya sampaikan saat konferensi pers tanggal 25 Juni 2020. Terima kasih atas perhatian Ta semua," ujar Yusran kepada detikcom, Rabu (1/7/2020). Yusran dimintai konfirmasi terkait surat pengunduran dirinya dari Kepala Bappelitbanda Sulsel.

Surat pengunduran diri itu diteken Yusran di atas materai Rp 6.000, di Makassar pada 26 Juni 2020 lalu. Surat ditujukan kepada Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, perihal pengunduran diri sebagai Kepala Bappelitbanda Sulsel.

"Menyatakan Mengundurkan Diri sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan dan kembali ke instansi induk Universitas Hasanuddin," tulis Yusran dalam surat pengunduran dirinya.

Surat pengunduran diri Yusran Jusuf dari Kepala Bappelitbanda Sulsel (dok. Istimewa).Foto: Surat pengunduran diri Yusran Jusuf dari Kepala Bappelitbanda Sulsel (dok. Istimewa).

Sesaat setelah Gubernur Sulsel mengumumkan akan mengganti Pj Walkot Makassar, Yusran memang mengatakan akan kembali ke Universitas Hasanuddin sebagai pembina utama atau guru besar.

"Saya akan kembali ke barak, tahu barak, kan? Saya akan kembali ke kampus. Hari ini saya dapat berkah juga, SK IV/e (pembina utama/guru besar) saya turun, sudah 7 tahun saya tunggu. Alhamdulillah, kita kembali dulu ke kampus sambil lihat perkembangan lagi nanti," kata Yusran saat itu.

Yusran juga mengatakan saat ini dirinya bukan lagi Ketua Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sulsel. "(Jabatan Ketua TGUPP Sulsel) Sudah lama diganti oleh Prof. Syamsu Alam," tuturnya.

Yusran Jusuf dilantik Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah sebagai Pj Walkot Makassar pada 13 Mei lalu. Namun baru sekitar 45 hari menjabat, Yusran dicopot. Masih tingginya angka positif virus Corona di Kota Makassar menjadi sebabnya.

"Yang pasti Makassar ini menjadi perhatian kita (dalam penanganan Corona), makanya Wali Kota nya ini harus kita change (ganti), makanya harus kita ganti," kata Nurdin di Makassar, Rabu (24/6).

Serah terima jabatan dari Yusran ke Pj Walkot Makassar yang baru, Rudy Djamaluddin berlangsung di Rujab Gubernur Sulsel pada Jumat (26/6) lalu.

(nvl/knv)