Panduan Pengisian dan Verifikasi PDSS yang Perlu Kamu Perhatikan!

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 17:44 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Panduan pengisian dan verifikasi PDSS yang Perlu Kamu Ketahui (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Bagi detikers yang saat ini duduk SMA kelas 12, tentunya sudah familiar dengan istilah PDSS, kan? Sistem ini sangat dibutuhkan untuk semua murid yang akan melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi (PT), terutama perguruan tinggi negeri (PTN).

PDSS menjadi bagian penting dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, PDSS SNMPTN kali ini tetap dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT.

Sebagai penyegar ingatan kamu, LTMPT adalah lembaga yang berwenang untuk menyelenggarakan tes masuk PT secara nasional dan dinaungi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Artinya, PDSS LTMPT merupakan standar yang baku dan wajib dipenuhi kalau kamu ingin mengikuti tes nasional untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi, yang dapat diakses lewat PDSS LTMPT ac id. Hanya saja, untuk bisa mengisi PDSS, pastikan dulu bahwa sekolahmu dan kamu sudah punya akun LTMPT. Kalau sudah, baru kamu bisa mengisi sistem tersebut.

Bagaimana kalau kamu ingin masuk ke perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) seperti Universitas Islam Negeri (UIN)? Untuk hal yang satu ini, ada sistem yang berbeda, yaitu PDSS SPAN PTKIN. Secara garis besar, keduanya sebenarnya sama-sama sistem untuk kebutuhan seleksi masuk PT. Hanya saja, seperti yang sudah diterangkan, PDSS SPAN PTKIN 2020 fokus pada perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

Mengenal PDSS

Apa sih yang dimaksud dengan PDSS? PDSS adalah singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. PDSS merupakan sebuah sistem informasi di mana seluruh data nilai rapor murid akan dihimpun dan disimpan. Seluruh data nilai tersebut akan digunakan sebagai input data penting agar murid, termasuk kamu, bisa ikut serta di dalam SNMPTN.

Semua siswa yang ingin mengikuti ujian SNMPTN wajib mengisi data di dalam PDSS SNMPTN 2020. Jadi, pastikan kalau kamu sudah memiliki data lengkap terlebih dahulu agar jalanmu menuju PTN idaman terbuka, ya!

Bagaimana ya cara pengisian PDSS?

Sebelumnya, kamu perlu ketahui terlebih dahulu kalau ada dua opsi login ketika kamu membuka laman resmi PDSS 2020, yaitu "Halaman untuk Sekolah" dan "Halaman untuk Siswa". Link "Halaman untuk Sekolah" jelas diperuntukkan bagi pihak sekolah agar dapat login dan melakukan pengisian. Sedangkan link "Halaman untuk Siswa" bisa kamu akses untuk melakukan verifikasi.

Panduan Pengisian PDSS

Pengisian perlu dilakukan oleh pihak sekolah. Dalam penjelasan berikut ini, langkah-langkahnya juga mencakup proses pengisian bukan hanya oleh SMA/MA, tapi juga oleh SMK/MAK.

  1. Pertama, pihak sekolah harus login PDSS terlebih dahulu apabila sekolah sudah terdaftar di sistem. Setelah login, pihak sekolah akan langsung diminta untuk melengkapi data. Sedangkan jika data sekolah belum terdaftar dalam pangkalan data, pihak sekolah perlu mendaftar terlebih dahulu.


  2. Buat penyesuaian terkait dengan pengelolaan informasi sekolah yang meliputi identitas serta password sekolah. Hanya saja, tahap ini perlu dilakukan hanya jika memang dianggap perlu.


  3. Melakukan pendaftaran jurusan baru apabila pihak sekolah ingin menambahkan jurusan yang baru saja dibuka sekolah dan belum terdaftar di sistem.


  4. Melakukan pendefinisian kurikulum untuk masing-masing tahun ajaran yang ditempuh siswa

  5. Melakukan pendaftaran kelas untuk masing-masing tahun ajaran yang diikuti siswa.


  6. Mengisi data siswa tiap kelas untuk semua siswa calon lulusan, dan siswa tersebut harus sudah terdaftar di suatu kelas pada masing-masing tahun ajaran, yaitu dari Tingkat X sampai Tingkat XII.


  7. Mengisi nilai siswa untuk semua mata pelajaran yang telah diikuti sesuai kurikulum sejak Tingkat X sampai Tingkat XII, atau Tingkat XIII apabila jurusan punya mata studi 4 tahun.


  8. Melakukan finalisasi pengisian data. Tahap ini dilakukan dengan meng-upload surat pernyataan yang formatnya bisa di-download langsung dari website. Tanpa finalisasi, password siswa tidak akan tersedia dan tidak bisa diunduh, sehingga siswa pun belum bisa melakukan tahap verifikasi nilai.


Selama proses pengisian, pihak sekolah bisa menemukan beberapa fitur khusus yang dapat digunakan. Fitur-fitur khusus tersebut adalah:

  • Pencatatan status khusus siswa, misalnya pindahan dari sekolah lain, pertukaran pelajar, dan cuti.

  • Pengisian nilai tambahan bagi siswa yang berstatus khusus, misalnya nilai saat pertukaran pelajar atau nilai dari sekolah asal untuk siswa pindahan.

  • Halaman bantuan jika pihak sekolah mengalami kesulitan dalam proses pengisian data.

  • Pengelolaan password siswa

Panduan Verifikasi Nilai PDSS

Apabila tahap pengisian dilakukan oleh pihak sekolah, tahap verifikasi akan kamu lakukan sebagai siswa calon lulusan. Meski begitu, ingat bahwa tahap ini baru bisa kamu lakukan kalau sekolah sudah melakukan pengisian sampai finalisasi, ya!

Secara garis besar, verifikasi ini dilakukan untuk mengecek apakah pihak sekolah sudah melakukan pengisian data dengan benar atau belum. Jika kamu sudah selesai melakukan verifikasi berarti data dari sekolah sudah dianggap benar, data-data tersebut nantinya tidak akan bisa diubah atau diedit lagi. Karena itu, kamu juga perlu lakukan pengecekan atau verifikasi dengan cermat dan teliti, ya!

Kalau ada kesalahan, jangan verifikasi dulu tapi mintalah pihak sekolahmu untuk melakukan perbaikan terlebih dahulu pada data yang keliru. Baru kalau sudah diperbaiki sekolah, kamu bisa lakukan verifikasi.

Secara garis besar, langkah-langkah verifikasi adalah sebagai berikut:

  1. Login ke dalam sistem dengan memasukkan Nomor Induk SIswa Nasional (NISN) dan password di dalam kotak yang sudah disediakan, kemudian klik Login. Kalau kamu baru pertama kali login, kamu akan diarahkan ke halaman pengaturan ganti password karena password yang kamu gunakan masih password default yang diberikan sistem. Apabila kamu ingin mengganti password-mu, isilah password lama, lalu password baru sebanyak 2 (dua) kali dan klik Ganti Password.


  2. Cek data nilai yang belum diverifikasi. Hanya saja, halaman ini tidak akan muncul lagi kalau kamu sudah selesai melakukan verifikasi. Pastikan kamu cek dengan teliti dari aspek kelengkapan dan kebenaran nilai setiap mata pelajaran maupun setiap semester, ya! Di samping itu, kamu juga bisa cek catatan status khusus kalau kamu termasuk siswa berstatus khusus seperti yang sudah dijelaskan di atas.


  3. Kalau kamu sudah 100 persen yakin semua data yang diisi oleh pihak sekolah sepenuhnya benar dan lengkap, kamu bisa lakukan verifikasi. Untuk melakukan verifikasi, berikan dulu tanda centang/ceklis pada kotak di samping pernyataan "Saya menyatakan bahwa seluruh nilai dan status khusus *jika ada) pada halaman ini sudah benar dan lengkap". Baru setelah itu kamu bisa klik tombol Verifikasi.


  4. Kalau proses verifikasimu sudah sukses, halaman baru akan menampilkan informasi "Seluruh nilai pada mata pelajaran sudah Anda verifikasi" serta tautan untuk men-download seluruh nilai yang sudah kamu verifikasi.


  5. Apabila ada nilai atau status khusus yang masih keliru, klik tombol Minta Perbaikan. Dengan mengklik tombol ini, semua nilai yang belum diverifikasi akan di-download, dan tombol Minta Perbaikan maupun Verifikasi akan menghilang dari halaman. Nantinya, kedua tombol tersebut akan muncul lagi kalau pihak sekolah sudah selesai melakukan revisi data.

Nah, itulah panduan langkah untuk pengisian data dan verifikasi PDSS.

(erd/erd)