Grab Sumbang Rp 260 M Atasi COVID-19 di RI, buat Apa Aja?

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 17:41 WIB
Grab
Foto: Grab
Jakarta -

Grab meluncurkan laporan dampak sosial edisi kedua Grab for Good yang difokuskan pada dampak COVID-19 untuk komunitas di Asia Tenggara. Dalam laporan tersebut disebutkan Grab yang menyumbang lebih dari Rp 260 miliar untuk membantu penanganan COVID-19 di Indonesia.

Diketahui sejak bulan Maret hingga April 2020, Grab Indonesia meluncurkan lebih dari 24 inisiatif baru untuk meringankan dampak pandemi pada mitra pengemudi dan pengiriman, garda terdepan, dan komunitas.

Mulai dari mendukung garda terdepan dengan menyumbang 360 ribu kg beras, 20.500 liter disinfektan, 240 ribu, dan 4.100 PCR dan rapid test buat driver. Lalu memberikan 18 ribu pelindung buat GrabCar dan GrabBike, menyediakan 100 armada GrabWheels buat tenaga kesehatan, dan lain sebagainya.

Dalam laporan tersebut, Grab juga mencatat peningkatan pemberian tip sebanyak 63% buat driver selama pandemi hingga donasi yang terkumpul dari penggunanya sebanyak Rp 1,4 miliar untuk pembelian apd dan sembako buat tenaga medis dan mitra Grab. Laporan Kontribusi Personal #TerusUsaha bagi pengguna Grab itu kini dapat dilihat melalui widget khusus yang ada di aplikasi.

President Grab of Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan COVID-19 membutuhkan kolaborasi luar biasa dari segala lapisan masyarakat. Grab mengambil bagian dengan memanfaatkan teknologi dan jangkauan untuk mencari cara berbisnis yang baru sehingga bisa mendukung semua orang secara inklusif.

"Kami akan terus berupaya agar wirausahawan mikro atau bisnis sekecil apapun mampu beradaptasi dalam era tatanan baru dan mempertahankan mata pencaharian mereka. Masa depan memang tak bisa diprediksi, tetapi masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang mampu menghadapi tantangan dan terus bertahan," ujarnya, dikutip dari situs Grab, Selasa (30/6/2020).

"Sejalan dengan misi Grab For Good, kami berharap dapat membantu UMKM untuk bangkit bersama dan terus menyalakan semangat #TerusUsaha dalam diri mereka," tutup Ridzki.

(mul/ega)