Bawaslu Ungkap Banyak ASN Tak Netral di Pilkada karena Beri Dukungan di Medsos

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 15:27 WIB
Ketua Bawaslu Abhan (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Foto: Ketua Bawaslu Abhan (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta -

Bawaslu menerima laporan dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 369 laporan pada pemilihan kepala daerah. Bawaslu menyebut jenis pelanggaran netralitas ASN paling banyak adalah mereka yang memberikan dukungan melalui media sosial.

"ASN memberikan dukungan melalui media sosial atau media massa online. Saya kira ini yang terbanyak (laporan pelanggaran) dan kami mengingatkan kepada jajaran ASN agar betul-betul secara bijak dalam menggunakan fasilitas media sosial," kata Ketua Bawaslu, Abhan, di acara webinar kampanye virtual Gerakan Nasional Netralitas ASN, yang disiarkan di akun YouTube KASN RI, Selasa (30/6/2020).

Abhan mengingatkan agar ASN berhati-hati saat hendak menampilkan foto pasangan calon atau konten terkait kampanye di media sosial. Selain itu, Abhan menilai tindakan menyukai konten terkait peserta Pilkada di media sosial merupakan bentuk dukungan, oleh karenanya ia meminta ASN bijak dalam bermedia sosial.

"Misalnya mengupload atau menampilkan mengunduh di media sosialnya kegiatan kampanye pasangan calon atau men-likes itu bagian dari bentuk dari dukungan. Jadi dianggapnya bukan pelangggaran, tetapi itu sudah secara substansi menunjukkan keberpihakan dalam bermedia sosial. Maka sekali lagi hati-hati ASN di dalam menggunakan media sosial di tengah-tengah masa kampanye ini," ujarnya.

Adapun jenis pelanggaran netralitas lainnya, ASN menghadiri acara yang terkait kegiatan kampanye pasangan calon. Seperti menjadi pembawa acara dan aktif terlibat dalam kampenye itu.

"Ini yang jelas sebagai bentuk pelanggaran, ASN menghadiri silaturahmi menguntungkan bakal calon bisa juga ASN terlibat aktif menjadi pembawa acara dalam kegiatan silaturahmi atau kegiatan-kegiatan kampanye yang ada substansi kampanyenya secara aktif terlibat," ujar Abhan.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2