Polisi Buru 1 Pelaku Lain Pencurian Keramik Cagar Budaya di Siak Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 15:24 WIB
gedung Controller situs cagar budaya peninggalan zaman Belanda di Kabupaten Siak, Riau.
Gedung Controller situs cagar budaya peninggalan zaman Belanda di Kabupaten Siak, Riau. (Istimewa)
Siak -

Polisi menangkap Jofrizal, pelaku yang merusak dan mencuri keramik di gedung Controller situs cagar budaya peninggalan zaman Belanda di Kabupaten Siak, Riau. Kini polisi masih memburu satu pelaku lainnya.

"Pelakunya ada dua orang, satu pelaku sudah kita tangkap atas nama Jofrizal. Satu pelaku lagi masih kita buru," kata Kapolsek Siak Kompol Marto Harahap kepada detikcom, Selasa (30/6/2020).

Marto menjelaskan pelaku merusak dan mengambil ubin (keramik) di lantai bangunan Controller dengan mengaku memiliki surat dari Dinas Kebudayaan Provinsi Riau. Dia mengatakan penjelasan lebih lanjut akan disampaikan usai pelaku lainnya tertangkap.

"Tapi yang jelas mereka ini mencuri. Nanti kalau satu pelaku lagi tertangkap akan kita jelaskan lagi. Bisa saja (minta keterangan Kadis Kebudayaan Provinsi Riau, red), tapi nanti kalau satu pelaku lagi sudah tertangkap," kata Marto.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Yoserizal Zen menjelaskan perihal surat yang diberikannya kepada para pelaku. Yoserizal mengatakan saat itu para pelaku mengaku dari Komunitas Siak Heritage.

"Mereka menemui saya, katanya menemukan cagar budaya di Siak. Sehingga meminta untuk menyelamatkan cagar budaya itu," kata Yoserizal.