Arahan Lengkap Jokowi soal Corona di Jateng: Karantina Desa Lebih Efektif

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 10:09 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Semarang -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi Jawa Tengah (Jateng) memantau perkembangan penanganan virus corona baru (COVID-19). Jokowi kembali menekankan mengenai pentingnya gas dan rem dalam menangani masalah kesehatan dan ekonomi.

"Gas dan remnya ini betul-betul diatur, jangan sampai melonggarkan tanpa sebuah kendali rem sehingga mungkin ekonominya bagus tapi COVID-nya juga naik. Bukan itu yang kita inginkan. COVID-nya terkendali tapi ekonominya juga tidak mengganggu kesejahteraan masyarakat," ujar Jokowi seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (30/6/2020).

Arahan Jokowi itu disampaikannya usai mendengarkan paparan langsung dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Jokowi turut menyampaikan agar para kepala daerah tidak asal membuka kembali daerahnya menuju tatanan normal baru tanpa perhitungan.

"Setiap kita membuat kebijakan, setiap kita membuat policy, betul-betul tolong yang namanya data sains itu dipakai, yang kedua saran-saran dari para saintis para pakar juga dipakai sehingga dalam memutuskan itu betul-betul tepat sasaran," ujar Jokowi.

Terakhir Jokowi menyampaikan mengenai strategi penanganan COVID-19 saat ini. Menurut Jokowi, karantina lokal lebih efektif dibandingkan mengarantina tingkat kota atau kabupaten.

"Menurut saya, posisi sekarang ini strategi intervensi yang berbasis lokal itu yang paling efektif untuk menangani COVID, strategi intervensi yang berbasis lokal, jadi mengkarantina, mengisolasi RT, mengisolasi RW, mengisolasi kampung atau desa itu lebih efektif daripada kita mengkarantina kota atau kabupaten, ini lebih efektif, jadi strategi ini agar kita pakai bersama-sama sehingga kita harapkan terjadi penurunan di Rt maupun di R0," ucap Jokowi.

Jokowi Minta Hilangkan Ego Sektoral dalam Penanganan Corona:

Berikut arahan lengkap Jokowi di Jateng:

Selanjutnya
Halaman
1 2