Round-Up

Dua Sorotan Jokowi ke Kementerian Kesehatan: Anggaran dan Santunan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 06:21 WIB
Presiden Jokowi
Jokowi (Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Belanja anggaran dan insentif untuk tenaga kesehatan menjadi dua sorotan utama Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait penanganan pandemi virus Corona (COVID-19). Jokowi meminta prosedur di kementerian yang dipimpin Terawan Agus Putranto itu lebih disederhanakan.

Peringatan Jokowi kepada Kemenkes itu disampaikan di dua momen sidang kabinet. Momen pertama yakni saat Jokowi menyampaikan arahan dalam sidang kabinet paripurna pada 18 Juni 2020 yang kemudian videonya baru diunggah pada 28 Juni 2020.

Dalam momen tersebut, Jokowi meluapkan kekecewaannya atas kinerja penanganan Corona yang masih biasa-biasa saja. Jokowi juga jengkel lantaran masih ada pejabat yang menganggap situasi sekarang adalah situasi normal.

"Belanja-belanja di kementerian, saya lihat laporan-laporan masih biasa-biasa saja, segera keluarkan belanja itu secepat-cepatnya, karena uang beredar akan semakin banyak, konsumsi masyarakat nanti akan naik. Jadi belanja-belanja kementerian tolong dipercepat," kata Jokowi.

"Sekali lagi, jangan menganggap ini biasa-biasa saja, percepat, kalau ada hambatan keluarkan peraturan menterinya agar cepat, kalau perlu Perpres saya akan keluarkan perpresnya," tambahnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3