Komisi IX Konferensi Pers, Bela Menkes Soal Anggaran yang Disorot Jokowi

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 22:42 WIB
Pembangunan gedung baru untuk DPR RI menuai kritikan berbagai pihak walaupun Ketua DPR Setya Novanto menyebut Presiden Jokowi telah setuju pembangunan tersebut. Tetapi Presiden Jokowi belum teken Perpres tentang pembangunan Gedung DPR. Lamhot Aritonang/detikcom.
Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta -

Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene menggelar konferensi pers guna menjelaskan soal realisasi anggaran penanganan virus Corona yang dimiliki Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Felly meluruskan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut realisasi anggaran Kemenkes baru 1,53 persen dari jumlah Rp 75 triliun.

"Jadi yang disampaikan Pak Presiden 1,53 persen, ya, dari total Rp 75 triliun. Nah, kita liat ini harus didudukkan persoalannya, nggak bisa langsung seperti itu," kata Felly dalam jumpa pers usai rapat kerja (raker) dengan Menkes Terawan Agus Putranto, di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (29/6/2020).



Felly menjelaskan Kemenkes mengelola anggaran penanganan COVID-19 Rp 25,75 triliun dari total anggaran pemerintah Rp 87,5 triliun. Dia mengatakan memang anggaran awal penanganan Corona yang disediakan pemerintah sebesar Rp 75 triliun.

"Lalu selisih anggaran penanganan COVID-19, di luar Rp 25,7 triliun, sebesar Rp 61,2 triliun dikelola oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan juga BNPB," sebut Felly.

Anggota DPR dari Fraksi NasDem itu melanjutkan, dari total anggaran Rp 25,75 triliun, yang baru diserahkan ke Kemenkes sebesar Rp 1,96 triliun atau sekitar 17,6 persen. Sisanya, kata Felly, sebesar Rp 23,77 triliun masih dalam tahap revisi di Kemenkeu.

"Dan belum masuk DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) Kemenkes, sehingga belum bisa direalisasikan," ucap Felly.

Selanjutnya
Halaman
1 2