Kebakaran Hunian Padat di Cengkareng, Api Bermula dari Lapak Plastik Bekas

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 20:52 WIB
Lokasi kebakaran di kawasan padat hunian di Cengkareng.
Lokasi kebakaran di kawasan padat penduduk di Cengkareng (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Kebakaran yang melanda rumah tinggal kawasan padat penduduk di Cengkareng, Jakarta Barat, telah berhasil dipadamkan. Ketua RT setempat menyebut bahwa api awalnya muncul dari tempat lapak plastik bekas.

Kebakaran terjadi di RT 1 RW 14 Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat, pada pukul 16.30 WIB. Ketua RT, Rambat, mengatakan api muncul dari salah satu rumah warga yang dijadikan lapak pengumpulan plastik bekas.

"Jadi awal mulanya dari sebuah rumah yang dijadikan lapak, kebetulan beliau sedang mengantar anaknya mondok (pesantren) di Pandeglang. Jadi rumahnya dalam keadaan kosong, tahu-tahu ada api. Ini menurut cerita orang kanan, kirinya itu api berasal dari dalam rumah yang dijadikan lapak plastik," ujar Rambat di lokasi, Senin (29/6/2020).

Dia mengatakan rumah warga terbuat dari bangunan semipermanen dan didominasi menjadi tempat usaha pengumpulan barang bekas menjadikan api mudah melumat apa yang ada di dekatnya. Dalam kurun kurang dari dua jam, lebih dari 20 rumah semipermanen ludes dilalap api.

"(Rumah) yang ke bakar ini kan banyaknya lapak, kira-kira 15-20-an, bisa lebih," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2