Mahfud Minta Anggaran Corona Digunakan Tepat Sasaran, KPK-Polri Bantu Awasi

Kadek Melda - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 20:05 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Mahfud Md (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md menggelar rapat dengan sejumlah lembaga dan kementerian. Dalam rapat tersebut, Mahfud meminta agar anggaran untuk penanganan Corona (COVID-19) dipergunakan dengan benar dan tepat sasaran.

"Saya ingin menyampaikan bahwa kami baru saja sekitar 2 jam mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh 4 Menko tetapi 2 Menko sudah berangkat ada... yang lain. Saya Menko Polhukam, ada Pak Luhut Menko Marvest, kemudian ada Menko PMK Pak Muhadjir, hadir Pak Airlangga hadir baru saja keluar tidak bisa menemani kita di sini. Kemudian ada Gubernur BI, kemudian ada Menkum HAM, ada Menkeu, ada kepala Staf Kepresidenan Pak Moeldoko, ada... ada Pak Kapolri ada pimpinan KPK diwakili Bapak Nurul Ghufron, kemudian ada ketua OJK... ketua komisioner LPS Bapak Halim Alamsyah," kata Mahfud usai rapat, di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Senin (29/6/2020).

"Yang dibicarakan tadi pertama memastikan bahwa kebijakan pemerintah tentang penanganan COVID-19 itu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk menyelamatkan 267 juta rakyat Indonesia sekaligus memastikan bahwa anggaran yang disediakan oleh negara melalui prosedur-prosedur yang telah ditempuh dalam proses kenegaraan yang sah itu supaya dipergunakan dengan benar dan tepat sasaran," sambung Mahfud.

Mahfud meminta agar para penegak hukum ikut mengawasi dana tersebut. Untuk itu rapat juga dihadiri oleh lembaga penegak hukum.

"Dengan penanganan melalui administrasi yang ketat kemudian tentu kami tetap minta diawasi. Oleh sebab itu, kami mengundang KPK, mengundang Jaksa Agung, mengundang Kapolri, kemudian Menkum HAM dan lain-lain karena kami ingin secara hukum ini benar tetapi juga cepat dan juga tidak menghambat," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2