Gagal di Pengumuman SBMPTN 2019? Ini yang Bisa Lakukan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 18:57 WIB
Ilustrasi memilih PTN, jalur mandiri PTN, SBMPTN
Gagal di Pengumuman SBMPTN 2019, Ini yang Bisa Dilakukan. (Ilustrasi Nadia Permatasari/detikcom)
Jakarta -

detikers, jika kami sudah melakukan pendaftaran SBMPTN 2019 namun gagal karena tidak diterima di Perguruan Tinggi favorit saat pengumuman SBMPTN 2019 kemarin tak perlu menyerah atau berkecil hati. Sebab masih ada kesempatan terbuka sangat luas.

Tahun ini, detikers yang gagal di SBMPTN 2019 bisa mengikuti UTBK sebagai tahapan dalam pelaksanaan SBMPTN tahun 2020 ini. Tak hanya lulusan 2020, lulusan 2019 dan 2018 memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan tinggi di PTN favorit dan ternama.

Memang tahun ini banyak sekali perubahan terkait pelaksanaan SBMPTN 2020, akibat adanya pandemi COVID-19. Namun itu bukan menjadi penghalang bagi detikers yang gagal di SBMPTN untuk tidak mencoba keberuntungan di SBMPTN 2020.



Bagi detikers yang gagal pada pengumuman SBMPTN 2019, ini lah kesempatan berjuang agar bisa diterima di perguruan tinggi impian. Lalu, apa yang seharusnya dilakukan terkait adanya sejumlah perubahan pelaksanaan SBMPTN 2020? Berikut poin-poin pentingnya :

1. Jika detikers menonton konferensi pers yang dilaksanakan pada Rabu (24/6/20) maka simak dengan baik pernyataan panitia LTMPT tersebut. Masih belum paham? Cari referensi yang lain. Misalnya dari link berita, dari beberapa sosial media yang membahas tentang UTBK-SBMPTN, dan juga cari informasi resmi lainnya.

2. Setelah menyimak live pers atau membaca berbagai berita yang terpercaya, tentukan jalan pikiran kamu, menerima atau menolak. Jika yang muncul adalah penolakan, maka pertimbangkan kembali berbagai dampak positif yang akan kamu dapatkan dengan perubahan-perubahan tersebut.

3. Buka akun LTMPT detikers kembali untuk mengecek apakah kamu sudah mendapatkan perubahan jadwal atau tempat ? Jika iya, cetak kembali kartunya agar dapat digunakan saat ujian nantinya.

4. Selalu persiapkan diri untuk mencari soal-soal tentang TPS atau Tes Potensi Skolastik di beberapa sumber yang terpercaya. Kamu dapat membeli buku, melakukan bimbingan belajar online, atau juga dapat mencarinya di beberapa sumber lain seperti internet.

5. Tidak hanya mempersiapkan tesnya saja, detikers juga harus siap dengan keadaan fisik dan kesehatan. detikers harus makan makanan yang bergizi tinggi, minum vitamin C sesuai dengan dosis kebutuhan sehari-hari, tidur yang cukup, olah raga teratur di rumah, menghindari stres dan lain sebagainya.

UTBK-SBMPTN 2020 merupakan salah satu kesempatan emas bagi detikers yang gagal pada pengumuman SBMPTN 2019 lalu karena materi yang diujikan juga termasuk lebih mudah. Namun, juga jangan langsung menyepelekannya sebab musuh detikers juga tidak sedikit.

(erd/erd)