Dengan Tas Belanja, Transmart Ajak Pelanggan Miliki Kebiasaan Baru

Gustia Martha Putri - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 18:30 WIB
Transmart Carrefour
Foto: Transmart Carrefour
Jakarta -

Pemerintah DKI Jakarta resmi melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai mulai 1 Juli 2020. Sebagai ritel yang senantiasa mendukung kebijakan pemerintah, Transmart Carrefour mengajak seluruh pelanggannya untuk memiliki kebiasaan baru dengan membiasakan diri menggunakan tas belanja kain yang bukan sekali pakai.

"Tentu kami mendukung kebijakan pemerintah provinsi DKI Jakarta perihal larangan kantong kresek ini. Karena kita semua tahu bahwa kebijakan ini nantinya akan berdampak sangat baik untuk lingkungan. Seluruh gerai Transmart Carrefour di area Jakarta per tanggal 1 Juli nanti pun akan tidak lagi menyediakan kantong plastik. Untuk menjadi solusi pelanggan, kami menyediakan beraneka tas belanja dengan bermacam ukuran, tentu dengan harga yang juga bersahabat," ujar Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid, Senin (29/6/2020).

Satria mengungkapkan, larangan penggunaan kantong plastik sudah disosialisasikan di seluruh gerai Transmart Carrefour bahkan bukan hanya di area Jakarta saja. Penerapan belanja tanpa kantong plastik yang akan diterapkan di Jakarta ini pun diharapkan dapat menjadi barometer agar kelak dapat dilakukan serentak di seluruh kawasan wilayah Indonesia.

Transmart Carrefour mendukung larangan penggunaan kantong plastikTransmart Carrefour mendukung larangan penggunaan kantong plastik Foto: Dok. Transmart Carrefour

"Semoga penerapan ini di Jakarta dapat menjadi barometer bagi wilayah lainnya untuk dapat melakukan hal serupa. Di gerai-gerai Transmart Carrefour, kini telah dipasangkan banner yang mengimbau pelanggan untuk memulai membiasakan diri membawa tas belanja sendiri. Tas belanja pun kami telah sediakan dalam stok sangat banyak di setiap gerai. Kami sudah mempersiapkan ini semua (belanja tanpa kantong plastik,-red) sejak beberapa tahun lalu. Karena sebelumnya kebijakan ini telah dilakukan di beberapa gerai seperti di Bogor dan Banjarmasin," papar Satria.

Transmart Carrefour mendukung larangan penggunaan kantong plastikTransmart Carrefour mendukung larangan penggunaan kantong plastik Foto: Dok. Transmart Carrefour

Satria pun memaparkan bahwa pelanggan setia Transmart Carrefour telah dapat memiliki tas belanja masing-masing di seluruh gerainya.

"Kami berharap membawa sendiri tas belanja dapat menjadi kebiasaan baru seluruh pelanggan Transmart Carrefour. Karena menurut pengalaman kami, sudah ada di beberapa wilayah yang masyarakatnya sudah memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dengan membawa tas belanja, dan kami harap kebiasaan baik ini dapat menjadi kebiasaan baru yang baik untuk kita semua," pungkasnya.

(prf/ega)