Hensat: Jokowi Marah, Serius Reshuffle Kabinet

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 16:39 WIB
Hendri Satrio
Hendri Satrio, pemerhati politik pendiri KedaiKOPI (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) jengkel luar biasa terhadap kinerja para menterinya. Dia mengancam akan melakukan reshuffle atau mengocok ulang kabinet. Siapa bakal kena kocok ulang dan siapa yang bertahan?

"Kalau melihat situasi saat ini, saya yakin kemungkinan besar Pak Jokowi akan melakukan evaluasi," kata pendiri Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Hendri Satrio, kepada detikcom, Senin (29/6/2020).

Keseriusan Jokowi soal reshuffle kabinet tercermin dari kemarahannya kepada para menteri, pada 18 Juni lalu. Detail ekspresinya terlihat di tayangan video unggahan Sekretariat Presiden, diunggah di YouTube pada 28 Juni kemarin.

"Kalau dilihat bahasa tubuhnya, serius itu Pak Jokowi marahnya, lancar bicaranya," kata Hensat, sapaan Hendri Satrio.

Akar kemarahan Jokowi adalah kinerja para menteri yang buruk di masa pandemi COVID-19. Bantuan sosial tidak tersalur 100%, penyerapan anggaran penanganan kesehatan rendah, dan rasa kegentingan (sense of crisis) yang keberadaannya tidak dirasakan oleh Jokowi dari para menterinya.

Siapa menteri yang akan kena reshuffle?

"Dari yang disampaikan Pak Jokowi, justru lebih di level humaniora. Kemungkinan besar yang berkaitan dengan masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, agama, sosial, pembangunan manusia dan kebudayaan," kata Hensat.

Jokowi: Untuk Rakyat, Saya Bisa Bubarkan Lembaga Hingga Reshuffle!: