KPK Lelang 2 Bidang Tanah-Bangunan Rp 28 M dari Kasus Korupsi Simulator SIM

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 14:18 WIB
Logo, ilustrasi, gedung Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK)
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

KPK kembali melelang barang rampasan dari kasus korupsi yang ditanganinya. Kali ini, KPK melelang dua bidang tanah serta bangunan senilai Rp 28 miliar dari kasus pengadaan driving simulator di Korlantas Polri.

"Sebagai upaya memaksimalkan pemasukan bagi kas negara dari hasil rampasan tindak pidana korupsi, KPK melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung, akan melaksanakan lelang eksekusi barang rampasan berdasarkan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 1452 K/Pid.Sus/2014 tanggal 13 Oktober 2014 atas nama terdakwa Budi Susanto yang telah berkekuatan hukum tetap," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (29/6/2020).

"Lelang dilaksanakan dengan metode 'closed bidding', yaitu penawaran secara tertulis tanpa kehadiran peserta lelang melalui internet (e-auction)," lanjutnya.

Barang rampasan yang dilelang itu berasal dari perkara terpidana eks Dirut PT Citra Mandiri Metalindo Abadi (CMMA), Budi Susanto. Budi diketahui telah divonis 14 tahun penjara dan denda Rp 500 juta serta uang pengganti Rp 88,4 miliar atau 5 tahun kurungan dalam kasus pengadaan driving simulator di Korlantas Polri.

Lelang akan dilaksanakan pada Kamis, 9 Juli 2020, di KPKNL Bandung, gedung N di Gedung Keuangan Negara, Jalan Asia Afrika Nomor 114, Bandung, Jawa Barat. Penawaran lelang itu akan ditutup pada pukul 10.00 WIB pada hari yang sama.

"Pengumuman tentang syarat-syarat lengkap bisa dilihat di website KPK," ujarnya.

Adapun barang yang akan dilelang sebagai berikut:

-Sebidang tanah beserta bangunan di atasnya yang terletak di Jalan Gempol Sari, Cigondewah Kaler, Bandung Kulon, Kota Bandung, dengan luas tanah berdasarkan fotokopi Buku Tanah Hak Milik Nomor 359/Cigondewah Kaler atas nama Budi Susanto seluas 2.140 m² (sertifikat asli tidak dikuasai);

-Sebidang tanah beserta bangunan di atasnya yang terletak di Blok Cibiuk, Cigondewah Kaler, Bandung Kulon, Kota Bandung, dengan luas tanah berdasarkan fotokopi Buku Tanah Hak Milik Nomor 64/Cigondewah Kaler atas nama Budi Susanto seluas 1.435 m² (sertifikat asli tidak dikuasai).

Barang itu akan dilelang dalam satu paket dengan harga limit Rp 28.411.084.000 dengan uang jaminan Rp 5.800.000.000.

(ibh/isa)