Prediksi Politikus PDIP soal Sektor Menteri yang Bisa Kena Reshuffle Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 12:39 WIB
menteri jokowi, menteri, kabinet, pelantikan menteri
Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju (BPMI Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengancam bisa saja merombak kabinetnya jika kebijakan para menterinya masih biasa-biasa saja. Reshuffle kabinet ini diyakini bisa jadi nyata apabila melihat gestur Jokowi saat rapat.

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira mengatakan pidato Jokowi saat sidang kabinet paripurna itu benar-benar bernada keras dengan pesan yang tegas. Dia menyoroti poin soal evaluasi kerja para menteri.

"Kata kuncinya adalah evaluasi kinerja para pembantu presiden soal krisis, respons sense crisis dari para pembantu presiden yang terlihat dalam kinerja di masing-masing kementerian dan lembaga," kata Andreas kepada wartawan, Senin (29/6/2020).

Menurut Andreas, reshuffle kabinet akan berdampak pada menteri yang kurang tanggap. Dia memprediksi sektor yang menterinya dalam ancaman reshuffle.

"Melihat gestur presiden dalam pidato ini, nampaknya akan ada reshuffle kabinet, terutama terhadap pembantu-pembantunya yang kurang tanggap sense of crisis, terutama tentu yang berkaitan dengan pembantu-pembantu presiden yang berkaitan dengan penanggulangan COVID-19, penanggulangan dampak sosial ekonomi dan pemulihan ekonomi," ungkapnya.

Andreas berpendapat perlu ada langkah yang diambil dengan cepat. Ini demi memperkuat kepercayaan publik ke pemerintah terkait penanganan COVID-19.

"Langkah ini perlu segera dilakukan agar tidak menjadi rumor politik dan memperkuat kepercayaan publik terhadap keseriusan pemerintah sebagaimana pidato presiden yang memang sangat serius," papar Andreas.

(imk/fjp)