Dokter-Perawat Positif Corona, Puskesmas di Aceh Tamiang Tutup Sementara

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 12:32 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Aceh Tamiang -

Seorang dokter dan seorang perawat di Puskesmas Simpang Kiri, Aceh Tamiang, Aceh, dinyatakan positif Corona. Puskesmas pun ditutup sementara untuk proses sterilisasi.

"Akibat dokternya terinfeksi Corona, Puskesmas Simpang Kiri, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, diminta tutup selama seminggu untuk proses screening petugas dan sterilisasi dari virus Corona," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, kepada wartawan, Senin (29/6/2020).

Dokter EL (29) dinyatakan positif Corona pada Minggu (28/6). Sehari sebelumnya, seorang perawat berinisial EW (29) juga dinyatakan positif terpapar COVID-19.

Saifullah mengatakan tim Gugus Tugas melakukan pelacakan riwayat kontak setelah EW dinyatakan positif Corona. Dari 77 orang yang mengikuti tes swab, dokter EL dinyatakan positif.

Tim Gugus Tugas juga masih menelusuri dari mana perawat EW terpapar Corona. Kepala Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Aceh, dr Hanif, meminta Puskesmas ditutup sementara.

"Selama Puskesmas Simpang Kiri ditutup, pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat diberikan di puskesmas terdekat," jelas Saifullah.

Hanif mengatakan adanya dokter positif Corona di Aceh merupakan akibat dari banyaknya kasus orang tanpa gejala (OTG) di Aceh. Mereka datang ke rumah sakit atau puskesmas untuk berobat penyakit lain.

"Tapi pada waktu screening ketahuan positif COVID-19," jelas Hanif.

Hingga Minggu (18/6), positif Corona di Aceh berjumlah 79 kasus. Tiga orang di antaranya merupakan dokter dan sembilan orang merupakan perawat.

(agse/haf)