Pengumuman SBMPTN 2020 Resmi Diundur

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 12:16 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Ilustrasi Pengumuman SBMPTN 2020 resmi diundur (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Bagi detikers yang sedang deg-degan menunggu berbagai informasi tentang SBMTN, kali ini ada pengumuman yang baru loh. Dalam "Konferensi Pers Pelaksanaan UTBK 2020 pada Kondisi Normal Baru" yang dilaksanakan pada Rabu (24/6/2020) lewat Live di Youtube dan Instagram LTMPT Official, Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT mengumumkan untuk memundurkan jadwal pengumuman SBMPTN 2020.

Hal ini tentu sangat berkaitan dengan adanya penerapan normal baru, yang mana memerlukan berbagai protokol kesehatan sangat ketat sehingga dipertimbangkan dan dirombak kembali oleh segenap panitia agar pelaksanaan SBMPTN kali ini tetap terlaksana dengan baik dan juga tetap aman.

Ketua LTMPT, Prof. Mohammad Nasih dalam keterangan persnya menyampaikan apabila pengumuman SBMPTN 2020 yang semula dijadwalkan pada tanggal 25 Juli 2020 akan diundur menjadi tanggal 20 Agustus 2020. Nasih juga mengungkapkan UTBK kali ini dinamai dengan UTBK Hybrid and New Normal.

Ketua LTMPT Prof. Mohammad Nasih juga menjelaskan terkait alasan nama UTBK tahun 2020 kali ini disebut dengan UTBK hybrid. Hal ini dikarenakan pada pelaksanaannya menggabungkan berbagai metode dan teknik agar semua prinsip pengujian dapat dilakukan dengan baik.

detikers yang belum sempat menonton live pada Youtube dan Instagram LTMPT masih dapat menonton di akun resminya. Akan tetapi, buat kamu yang tidak punya banyak kuota untuk mendapatkan informasi tersebut, redaksi detikcom akan merangkumnya untuk kamu. Simak yang berikut ini :

1. Perubahan Materi Ujian yang Akan Diujikan

Pertama, materi yang akan diujikan kepada detikers hanya satu mata ujian saja yaitu Tes Potensi Skolastik atau yang sering kita sebut dengan TPS. Pelaksanaan tes juga relatif pendek hanya 105 menit saja, atau 1 jam 45 menit.

2. Perubahan dan Pengurangan Sesi

Kedua, Pelaksanaan ujian dalam satu hari hanya akan dilaksanakan dalam dua sesi saja. detikers yang mendapatkan sesi ganjil akan tetap mendapatkan jadwal sama. Namun bagi kamu yang mendapatkan sesi genap, siap-siap untuk dijadwalkan ulang. Mulainya pun juga menjadi lebih siang yaitu sekitar pukul 9 pagi. Jeda antar sesi cukup panjang yaitu 2 jam 45 menit.

Namun, hal ini tentu berbeda untuk tiap-tiap pusat UTBK mengingat ada beberapa yang hanya memiliki sesi yang sedikit. Oleh karena itu, cek kembali akun LTMPT detikers siapa tahu ada perubahan jadwal dan juga tempat. Jika, berubah maka kamu harus mencetak kartu UTBK kembali.

3. Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Kembali

Berbeda dengan proses pelaksanaan dan pendaftaran SBMPTN 2019 Pada pelaksanaan UTBK-SBMPTN kali ini, tentu saja akan dilakukan berbagai protokol yang baru dan lebih ketat mengingat sedang dilaksanakan pada era pandemi seperti ini. Selain itu, pusat UTBK yang berjumlah 74 ini akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk dapat melayani para calon mahasiswa yang berada pada area tertentu seperti pada zona merah atau berada di luar provinsi untuk mengurangi mobilisasi antar daerah.


Setelah menyimak penjelasan di atas tentang pengumuman SBMPTN 2020 bagaimana perasaan detikers? Bagaimana pun kebijakannya, panitia LTMPT sudah berupaya untuk yang terbaik, semoga impian detikers mendapatkan PTN favorit dapat tercapai.

(erd/erd)