ADVERTISEMENT

Masih Ada Warga Tak Bermasker-Bawa Anak di CFD, Golkar DKI: Petugas Tidak Tegas

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 06:30 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Golkar, Basri Baco
Basri Baco (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Jakarta yang tersebar di 32 titik masih ditemukan sejumlah pelanggaran. Hal itu menjadi sorotan karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak tegas dalam menindak para pelanggar.

Anggota DPRD DKI Fraksi Golkar, Basri Baco menilai gelaran CFD datang disebar di 32 titik merupakan langkah yang bagus untuk meminimalkan kerumunan. Namun, kata dia, masih adanya warga yang kedapatan tidak menggunakan masker hingga membawa anak di bawah umur disebabkan karena petugas di lapangan yang tidak tegas.

"Saya udah kasih tahu dari kemarin, kalau tidak bisa tegas dan tidak sanggup tegas maka tindakan CFD. Terus diubah menjadi 32 titik itu pemikiran bagus, cuma balik lagi ketegasannya mesti dijaga. Kalau nggak ya percuma, apa gunanya nanti mau cari sehat yang ada dapat penyakit," kata Basri saat dihubungi, Minggu (28/6/2020).

Dia mengatakan larangan bagi masyarakat yang tidak bisa mengikuti protokol kesehatan di lokasi CFD tidak boleh setengah-setengah. Menurutnya, tujuan masyarakat agar bisa sehat dengan berolahraga di CFD tidak bisa terwujud jika aturan protokol kesehatan tidak tegas dijalankan.

"Intinya petugas kita tidak tegas, petugas kita tidak bertanggung jawab terhadap penegakan protokol kesehatan. Kalau sanggup menjaga protokol kesehatan nggak papa, sebar itu sudah solusi bagus, kita dukung. Cuma kalau penegakannya tidak tegas, melempem ya apa gunanya, nanti masyarakat lagi yang jadi korban. CFD itu mau cari sehat, tapi kalau salah kelola bukan dapat sehat, dapat penyakit," katanya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta menentukan 32 titik lokasi pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB), atau yang biasa dikenal dengan sebutan car free day (CFD). Di sejumlah titik CFD masih ada warga yang tidak bermasker dan membawa anak-anak, meskipun sudah ada imbauan untuk tidak mengajak.

detikcom memantau pelaksanaan CFD, Minggu (28/6/2020) pagi, di sejumlah lokasi, seperti di Jalan Gajah Mada-Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat; di Jalan Pemuda, Jakarta Timur; di jalan layang non tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan; dan di Danau Sunter Selatan, Jakarta Utara.

(fas/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT