Kepala BP2MI Ungkap Modus Travel Gelap Tipu PMI di Area Wisma Atlet

Zunita Putri - detikNews
Minggu, 28 Jun 2020 19:09 WIB
Kepala BP2MI Benny Rhamdani
Foto Kepala BP2MI Benny Rhamdani: (Citra Nur Hasanah / 20detik)
Jakarta -

Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengungkapkan berbagai macam modus travel gelap yang mencoba menipu pekerja migran Indonesia (PMI). Benny mengatakan ada juga travel gelap yang masuk ke area Wisma Atlet dan menipu PMI yang hendak pulang ke kampungnya.

"Kemudian Juga misalnya hal-hal yang masuknya kelompok lain yang ingin memanfaatkan situasi COVID, saya pernah menelpon Pak Moeldoko melaporkan bagaimana travel-travel gelap yang mencoba masuk ke wilayah Wisma Atlet tentu itu atas inisiatif sendiri mereka namanya juga upaya ya namanya juga ikhtiar," kata Benny saat diskusi di BNPB, Minggu (28/6/2020).

"Tapi kemudian koordinasi di lapangan dengan Pak Moeldoko, kemudian Pak Pangdam itu keren, karena Pak Pangdam langsung mengambil tindakan untuk membatasi ruang gerak para travel," sambungnya.

Benny mengatakan travel gelap itu mencoba membohongi PMI dengan memaksa menggunakan jasa travel tertentu. Saat para PMI ini dalam perjalanan pulang ke kampung, namun diminta ongkos yang tidak wajar.

"Mereka yang ingin memanfaatkan bisnis kotor mereka kepada para PMI, di mana mereka diarahkan, di paksa untuk menggunakan jasa travel tertentu. Kami sudah mengimbau PMI untuk hati-hati terhadap upaya-upaya kejahatan pihak travel tertentu. Karena kebanyakan kasus mereka benar-benar disembelih dengan harga yang tidak wajar, kemudian jika mereka tidak mau memenuhi harga yang ditentukan travel itu, bisa diberhentikan di tengah jalan," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2