Info Terbaru Hasil Pengumuman SBMPTN 2020 dan Materi Tes UTBK

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Jun 2020 16:28 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Informasi Hasil Pengumuman SBMPTN Terbaru (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

detikers, jika kamu sudah menyelesaikan proses pendaftaran UTBK SBMPTN, informasi terbaru yang dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT, terdapat perubahan jadwal UTBK dan SBMPTN 2020. Perubahan jadwal tersebut tentu juga memengaruhi jadwal kapan hasil pengumuman SBMPTN 2020 akan dirilis.

Dari yang awalnya dijadwalkan pada 25 Juli 2020, pengumuman SBMPTN 2020 akan dirilis pada 20 Agustus 2020. Berdasarkan perubahan jadwal tersebut, pelaksanaan UTBK akan diselenggarakan ke dalam 2 (dua) tahap pada 5 sampai 14 Juli 2020 dan 20 sampai 29 Juli 2020. Di samping itu, penyelenggaraan UTBK juga yang awalnya sebanyak 4 (empat) sesi per hari disesuaikan menjadi hanya 2 (dua) sesi per hari.

Berbeda dari penyelenggaraan pendaftaran SBMPTN 2019 sampai pengumuman hasil tahun lalu, tahun ini perubahan jadwal dilakukan karena situasi terkini yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Karena itu, penyelenggaraan UTBK dan SBMPTN juga disesuaikan demi kesehatan dan keselamatan semua pihak yang terlibat, termasuk kamu sebagai peserta.

Nah, terlepas dari adanya perubahan jadwal, bukan berarti kamu bisa bersantai-santai, lho! Justru kamu tetap perlu memanfaatkan waktu yang ada untuk mempersiapkan diri mengikuti tes UTBK, yang hasilnya akan menentukan masa depanmu nanti. Sebab, kamu pasti masih ingin mewujudkan impian untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri (PTN) idaman, kan? Jadi, agar hasil pengumuman SBMPTN 2020 nanti memuaskan, persiapan diri yang matang jelas menjadi kuncinya.

Materi Tes UTBK 2020

Berdasarkan informasi terbaru, materi tes UTBK 2020 kali ini berfokus pada Tes Potensi Skolastik alias TPS. Secara umum, tes ini dilakukan untuk mengukur kemampuan kognitifmu. Kemampuan kognitif sendiri merupakan kemampuan yang dinilai penting dalam lingkungan pendidikan formal, khususnya di jenjang pendidikan tinggi.

TPS sendiri biasanya terdiri atas:

  • Kemampuan penalaran umum.

  • Kemampuan memahami bacaan.

  • Kemampuan menulis.

  • Kemampuan kuantitatif.

  • Pengetahuan dan pemahaman umum.

Selain pentingnya tes UTBK ini dalam menentukan hasil pengumuman SBMPTN 2020 dan masa depanmu, soal-soal TPS nantinya juga akan disajikan dalam bahasa Inggris. Jadi, persiapan matang jelas sangat penting supaya kamu tidak keliru memahami soal dan bisa mengerjakan tes dengan tenang, kan?

Dan dalam mempersiapkan dirimu untuk mengikuti tes UTBK nantinya, ada beberapa tips berikut ini yang bisa kamu ikuti, lho! Apa saja ya tipsnya?

1. Kesesuaian pernyataan

Saat kamu mengerjakan soal TPS pernyataan, ketelitian tinggi dan penalaran baik sangat penting. Apalagi, kamu juga sebaiknya mampu membaca soal dengan cepat dan cermat agar bisa menangkap inti soal, bahkan tanpa harus membaca semua teks.

Setelah itu, lihat apa saja pernyataan yang disajikan pada opsi jawaban dan cari apa kata kunci pada masing-masing pilihan jawaban yang ada. Cari kalimat dengan makna yang hampir sama karena biasanya, jawaban dengan makna yang sama atau pernyataan yang sama persis dengan yang tertuang pada soal adalah jawaban yang benar.

2. Simpulan logis

Ketelitian dan penalaran baik masih jadi kunci penting dalam mengerjakan tipe soal ini. Carilah kesimpulan yang kamu anggap sekiranya benar, kemudian baca soal dan jawaban dengan cepat dan cermat. Pastikan kamu paham tiap paragraf pada soal agar kamu bisa pilih jawaban dengan kalimat yang sesuai dengan soal, ya!

3. Penalaran analitis

Dalam tipe soal seperti ini, biasanya kamu bisa temukan kata seperti "daripada" dan "lebih", Detikers. Untuk memilih jawaban yang sesuai, solusi termudah adalah mengerjakan soal yang "digambar/ditulis".

Sedangkan jika soalnya tentang urutan posisi objek, kamu bisa pakai inisial nama seleb atau tokoh publik untuk mempermudah membayangkan penggambaran posisinya.

Apabila soalnya tentang kesimpulan, kamu bisa ambil kesimpulan dari pernyataan A, pernyataan B, dan selanjutnya. Kemudian, ingat bahwa kata seperti mungkin/ada/sebagian/sementara/beberapa berarti minimal 1 (satu), atau tidak semuanya. Sedangkan kata semua/setiap berarti semua anggota tanpa ada pengecualian.

(erd/erd)