BP2MI Terima Kepulangan 222 Jenazah Pekerja Migran Indonesia

Zunita Putri - detikNews
Minggu, 28 Jun 2020 11:28 WIB
Kepala BP2MI Benny Rhamdani
Benny Rhamdani (Dok. BNPB)
Jakarta -

Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mengungkapkan hari ini telah menerima kepulangan jenazah pekerja migran Indonesia. Ada 222 jenazah yang dipulangkan BP2MI ke Tanah Air.

"Hari ini sudah terima kepulangan 222 jenazah, mereka tiba ke Tanah Air, kita siapkan ambulans gratis. Itu bukti kehadiran negara untuk lindungi PMI," kata Kepala BP2MI Benny Rhamdani dalam diskusi yang bertajuk 'Penanganan Pekerja Migran Indonesia yang Kembali ke Tanah Air' yang disiarkan di YouTube BNPB, Minggu (28/6/2020).

Benny mengatakan pemerintah Indonesia siap melindungi PMI. Pemerintah Indonesia juga akan terus memberikan pelayanan baik kepada PMI seperti arahan Presiden Joko Widodo.

"Pak Jokowi selalu pesan kepada saya, tolong lindungi PMI dari ujung rambut sampai ujung kaki, nah ini sangat dalam, sehingga bagaimana memaknainya, pertama kami tempatkan PMI warga negara VVIP, maka penghormatan negara dalam bentuk apa pun, pelayanan harus dilakukan, bahkan juga perlindungan," katanya.

Benny tidak menjelaskan apakah jenazah itu merupakan pasien Corona (COVID-19) yang meninggal di luar negeri. Benny hanya mengatakan jenazah PMI itu karena berbagai masalah.

"Itu karena berbagai masalah, PMI bermasalah masuk ke kategori mereka harus diantar ke kampung halaman," kata Benny.

Kategori PMI bermasalah, kata Benny, ada empat, yakni masalah industrial atau ketenagakerjaan, PMI bermasalah karena imigrasi, bermasalah karena konsuler, bermasalah hukum, dan masalah sosial. Benny menyebut khusus PMI bermasalah itu tidak hanya diterima di Tanah Air, tapi juga sampai ke kampung halaman.

Totnon video 'Saat Peti Jenazah Corona Direbut Warga dari Ambulans di Ambon':

Selanjutnya
Halaman
1 2