Mendes Dorong Percepatan Digitalisasi Desa Wisata di Yogyakarta

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 28 Jun 2020 11:28 WIB
Mendes
Foto: Kemendes PDTT
Jakarta -

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar mengingatkan pengelola desa wisata untuk mengikuti perkembangan era digital saat ini.

Abdul Halim menyambangi destinasi wisata Goa Pindul di Desa Bejiharjo, Gunung Kidul, Yogyakarta yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mandiri pada Sabtu (27/6/2020). Dalam kesempatan itu, ia menandatangani prasasti pembangunan Bejiharjo Edupark yang merupakan program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal oleh Kementerian Desa dan PDTT.

"Saya harap Goa Pindul dan seluruh aset wisata di Yogyakarta ini dikelola secara digital agar bisa segera diakses lebih luas dan tidak hanya andalkan informasi dari mulut ke mulut," ujar Abdul Halim dalam keterangan tertulis, Minggu (28/6/2020).

Abdul Halim beserta rombongan pun sempat menikmati wisata air Goa Pindul. Selepas itu, rombongan bergerak ke Pantai Indrayanti. Ia mengungkapkan antusiasnya berkunjung ke Goa Pindul setelah mendengar eksotisme lokasi wisata tersebut.

Menteri kelahiran Jombang, Jawa Timur itu berharap Goa Pindul bisa segera dibuka, agar dapat dinikmati masyarakat untuk berwisata usai melalui masa isolasi akibat pandemi COVID-19. Pembukaan desa wisata membuat perputaran ekonomi kembali berjalan dan kembali bangkit usai terpuruk akibat pandemi.

"Semoga segera dibuka pada awal Juli ini karena saat ini sudah memasuki era new normal dan Polri pun telah mencabut maklumat soal protokol era COVID-19," katanya.

Ia lantas mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan jika tempat-tempat wisata telah dibuka. Dengan begitu, lanjut Abdul Halim, rantai penyebaran COVID-19 dapat dihentikan.

Tonton video 'Pengunjung Candi Borobudur Dibatasi Sampai Pelataran':

(akn/ega)