Viral Pesepeda Lintasi JLNT Casablanca, Polisi: Rambunya Sudah Jelas, Dilarang!

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 28 Jun 2020 09:41 WIB
Pesepeda Masuk JLNT Casablanca
Tangkapan Layar Video Pesepeda Masuk JLNT Casablanca (Foto: Dok. Instagram)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menanggapi terkait video viral yang beredar terkait sejumlah pesepeda yang melintas di jalan layang non tol (JLNT) Casablanca. Pihak kepolisian memastikan pesepeda dilarang melintas di JLNT lantara berbahaya.

"Pesepeda dilarang melintas di jalan layang non tol seperti di layang non tol Casablanca dan sudah ditempatkan rambu larangan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Minggu (28/6/2020).

Sambodo mengatakan ruas jalan yang bisa digunakan pesepeda adalah ruas jalan yang minim kecelakaan dan konflik dengan pengguna jalan lain. Sementara itu JLNT Casablanca beresiko terjadi kecelakaan bagi pesepeda.

"Jalan raya tanpa ada lajur sepeda beresiko kecelakaan karena adanya mix traffic dan kecepatan kendaraan bermotor," ucapnya.

Kemudian Sambodo mengatakan ruas jalan yang tidak rata juga membahayakan bagi pesepeda. Selain itu, kondisi angin yang kencang di JLNT Casablanca juga beresiko bagi para pesepeda.

"Jalan layang non tol tidak boleh digunakan oleh sepeda motor dan sepeda, sudah jelas ada rambunya (larangan)," ujarnya.

Dia pun memastikan pihaknya akan menindak tegas pesepeda yang masih nekat melintas di JLNT yang membahayakan dirinya dan pengendara lain. "Kalau ditemukan kita akan tindak," imbuhnya.

Video viral tersebut direkam oleh pengendara mobil yang tengah melintas di JLNT Casablanca. Pada video tersebut terlihat sejumlah pesepeda bersama-sama melintas di JLNT. Terlihat mereka pun memakan 1 ruas JLNT Casablanca sehingga menghalangi pengendara lainnya yang melintas.

Tonton video 'Kadishub DKI: Jumlah Pesepeda Naik 1.000% di Masa PSBB dan Transisi':

(maa/knv)