John Kei Bermasalah usai Bebas Bersyarat. Komisi III Singgung Harapan Publik

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 28 Jun 2020 08:23 WIB
Ketua Komisi III yang sekaligus politisi PDIP Herman Herry menemui Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana. Pertemuan itu terkait kasus pembakaran bendera PDIP.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

John Kei menjadi tersangka kasus pembunuhan berencana dan pemufakatan jahat usai bebas bersyarat dari Lapas Nusakambangan. Ketua Komisi III DPR, Herman Herry menyinggung soal pandangan publik dalam kasus John Kei tersebut.

"Terkait pembebasan bersyarat itu sendiri, syarat dan ketentuan bagi seorang narapidana yang berhak mendapatkannya sudah diatur dalam UU. Jika sudah sesuai dengan ketetapan di dalam UU, tentu tak ada masalah," ucap Herman saat dihubungi, Sabtu (27/6/2020).

"Di sisi lain publik tentu berharap Dirjen Lapas bisa lebih transparan dan terukur dalam memberikan hak napi tersebut," katanya.

Untuk itu, menurutnya Dirjen lapas pun harus membuktikan bahwa mereka bersih. Proses bebas bersyarat harus dipastikan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Terlebih lagi, Dirjen Lapas harus pastikan betul bahwa dalam pemberian cuti bersyarat tdk mjd objek transaksional antara napi dan pihak lapas," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2