Produknya Dikabarkan Bisa Sembuhkan Corona, Ini Kata Bos Sido Muncul

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Sabtu, 27 Jun 2020 18:30 WIB
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat
Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom
Jakarta -

Beredar kabar bahwa salah satu produk Sido Muncul, yakni JSH, bisa menyembuhkan pasien penderita Corona atau COVID-19. Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat pun mengungkapkan yang sebenarnya.

Ia bercerita, pihaknya tidak pernah mengklaim bahwa produk terbarunya itu dapat menyembuhkan COVID-19. Melainkan, hal tersebut datang langsung dari beberapa testimoni masyarakat yang sudah merasakan produk tersebut.

"Loh yang ngeklaim siapa? Tidak ada. Sekarang gini aja, diminum oleh penderita COVID-19 dan dia sembuh. Dia ngomong sama temennya dan dibagiin ke beberapa orang dan sembuh juga. Yang penting gini, pengalaman orang lain tidak dapat diabaikan begitu saja. Apa nunggu dulu sampai penelitian tiga tahun lagi?" ujar Irwan, saat ditemui detikcom, Sabtu (27/6/2020).

"Yang pasti ini pengalaman orang sakit dan sembuh. Saya cuma patokannya itu," imbuhnya

Menurut Irwan, pihaknya tidak melanggar aturan BPOM karena produk JSH telah teregistrasi sebagai produk detoksifikasi. Adapun JSH mengandung alkali dengan PH tinggi agar orang sehat tetap terjaga kesehatannya.

"Kami kan tidak melanggar hukum, kami mengikuti aturan badan BPOM kalau produk ini untuk detoksifikasi dan menyegarkan badan. Jadi aturannya betul, kita tidak mau membawa produk ini sebagai obat COVID-19. Yang nulis itu yang keliru," ungkapnya.

Adapun munculnya testimoni yang mengatakan sembuh dari COVID-19 karena mengonsumsi JSH, lantaran produk tersebut beberapa waktu lalu dibagikan ke beberapa instansi serta rumah sakit. Namun kapsul JSH dibagikan sebagai food suplement bukan sebagai obat. Menurut Irwan, produk alkali dengan PH tinggi sangat baik untuk kesehatan dan dianjurkan bagi orang berusia lanjut, penderita kanker, dan penyakit-penyakit lainnya.

"Jadi pertama ini pengalaman dan testimoni dari masyarakat yang merasakan kesembuhan, kemudian banyak penderita COVID-19, dan obat COVID-19 sampai hari ini tidak ada. Maka berdasarkan tiga hal tersebut, mendorong kami untuk membagikan JSH ini sebagai food supplement ya di beberapa rumah sakit," tuturnya.

Sebagai informasi, Kapsul JSH merupakan produk Sido Muncul yang akan segera dipasarkan secara komersil dalam beberapa hari ini. Sebelum dipasarkan, produk ini sudah terlebih dahulu diberikan oleh Sido Muncul kepada pihak-pihak terkait penangan COVID-19 seperti Pemprov Jawa Timur, RS Wisma Atlet, RS Gatot Subroto, RS Darurat COVID-19 di Semarang, Salatiga, dan Boyolali.

(prf/ega)