Ambulans Pembawa Jenazah Corona di Ambon Dihadang Warga Gegara Lokasi Makam

Muslimin Abbas - detikNews
Sabtu, 27 Jun 2020 00:50 WIB
Warga yang Sempat Hadang Ambulans dan Paksa Turunkan Peti Jenazah di Ambon (Abbas-detik)
Foto: Warga yang Sempat Hadang Ambulans dan Paksa Turunkan Peti Jenazah di Ambon (Abbas-detik)
Ambon -

Iring-iringan ambulans jenazah pasien COVID-19 di Ambon sempat dihadang oleh warga di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Warga yang menghadang mayoritas keluarga dari jenazah yang terinfeksi Corona (COVID-19).

Peristiwa ini terjadi di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 14:30 WIT, Jumat (26/6).

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19, Kasrul Selang mengatakan pihak keluarga jenazah sempat meminta almarhum untuk dimakamkan di tempat kelahirannya. Hal itu terjadi saat iring-iringan mobil jenazah tiba di Jalan Jendral Sudirman, pihak keluarga merebut peti jenazah dan memaksa agar jenazah di bawa ke rumah keluarga.

"Tiba-tiba iringan mobil jenazah dan petugas ini mau ke Hunuth (lokasi pemakaman COVID) dan kita sudah koordinasi dengan Pemkot Ambon untuk melakukan pemakaman di Hunuth ternyata kejadian begitu cepat, sampai di jalan Sudirman terjadi perebutan peti jenazah itu akhirnya karena masa cukup banyak, di luar kendali yang mengawal kemudian keluarga dan seterusnya. Keluarga tetap berpegang bahwa mereka akan memakamkannya di lokasi mereka," kata Kasrul di Kantornya, Jumat (26/6/2020).

Namun, petugas kesehatan dengan sigap memberikan edukasi ke keluarga tentang protokol memakamkan jenazah Corona. Setelah diskusi dan pihak keluarga diberi edukasi, akhirnya pihak keluarga pun mengikhlaskan jenazah dimakamkan dan masalah itu selesai.

"Nah kita negosiasi-negosiasi, kita berembuk-berembuk kalau lokasi pemakaman sejauh masyarakat di situ tidak merasa keberatan, tidak ada bermasalah, kita yang penting protokol COVID harus dijalankan sampai di situ, dan tadi menjelang malam itu sudah pemakaman dan masyarakat Wara tidak keberatan dan sudah selesai," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2