Round-up

Fakta Terbaru Kerangka Manusia Bawa Arloji Gucci-Dompet Wanita

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 21:39 WIB
Tim Forensik Dokpol Biddokkes Polda Sulawesi Selatan memeriksa kerangka manusia yang ditemukan pangkep.
Tim Forensik Dokpol Biddokkes Polda Sulawesi Selatan memeriksa kerangka manusia yang ditemukan pangkep. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kerangka manusia dengan arloji serta dompet wanita ditemukan warga di sekitar Gunung Borong Natua, Taman Nasional Bantimurung, Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sejumlah ciri-ciri kerangka manusia tersebut kini mulai terungkap.

Tim Forensik Dokpol Biddokkes Polda Sulsel telah melakukan pemeriksaan awal kepada kerangka manusia tersebut. Dari pemeriksaan panjang tulang, diperkirakan tinggi badan 150-160 cm.

"Dari pemeriksaan tanggal 25 kemarin, dari panjang tulang dengan menggunakan rumus forensik dan antropologi, itu perkiraan tinggi badannya Mister X ini 150-160 sentimeter," ujar salah satu petugas Tim Forensik Dokpol Biddokkes Polda Sulawesi Selatan, Sultan, kepada detikcom, Jumat (26/6/2020).

Sultan menjelaskan kerangka manusia tersebut diperkirakan berumur 50 tahun serta memiliki jenis kelamin laki-laki. Selain itu, kerangka manusia ini diperkirakan meninggal dalam kurun waktu di atas enam bulan namun usia kerangka belum mencapai tiga tahun.

"Kalau dilihat dari struktur gigi geligi, perkiraan umur itu sekitar 50 tahun. Kalau dilihat dari rumus antropologi forensik, tengkorak ini berjenis kelamin laki-laki," ujar Sultan.

"Kalau dilihat dari tulang-belulang sama tengkorak, dan dari struktur tulang yang kita lihat dan sudah mulai agak keropos, jadi itu perkiraan 6 bulanan, tapi ndak sampai 3 tahun karena propertinya masih utuh," sambungnya.