Cara Cek dan Akses Pengumuman SNMPTN 2020

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 17:31 WIB
ilustrasi snmptn 2017
Cara cek dan akses pengumuman SNMPTN 2020 (ilustrasi: edi wahyono)
Jakarta -

detikers berdasar pengumuman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di website resminya, pengumuman SNMPTN tahun 2020 diumumkan pada Rabu, 8 April 2020 sejak pukul 13.00 WIB. Pengumumannya bisa kamu cek dengan mengakses lama utama LTMPT di portal.ltmpt.ac.id, serta laman mirror lainnya yang resmi.

Selain bisa dicek melalui tautan tersebut, pengumuman hasil SNMPTN 2020 juga bisa kamu akses dari laman pengumuman.snmptn.ac.id pada waktu yang sama. Dan agar kamu bisa melihat hasilnya, kamu harus login terlebih dahulu dengan mengisi data pribadi dan rahasia yang diminta. Kemudian, klik tautan "Lihat Hasil Seleksi" dan kamu akan dibawa ke halaman baru yang menunjukkan hasil pengumuman.

Jika kamu sudah dinyatakan lolos seleksi SNMPTN 2020, kamu bisa melanjutkan ke proses selanjutnya, yaitu verifikasi dokumen peserta maupun daftar ulang di perguruan tinggi negeri (PTN) yang kamu tuju. Nah, untuk proses ini, infonya bisa langsung kamu cek di website resmi PTN, ya! Jadi, halaman LTMPT hanya berwenang sebatas proses pendaftaran dan seleksinya saja, sedangkan proses selanjutnya sudah diurus oleh masing-masing PTN.

Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan adalah jika kamu sudah diterima lewat jalur SNMPTN, kamu tidak diperkenankan untuk mendaftar SBMPTN. Aturan ini juga sudah berlaku di tahun-tahun sebelumnya, kok. Contohnya di tahun 2019 kemarin, peserta tidak diperbolehkan untuk mengikuti pendaftaran SBMPTN 2019 jika mereka sudah dinyatakan lolos seleksi SNMPTN 2019.

Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020

Bagaimana dengan kamu yang belum berkesempatan lolos SNMPTN? Jika hasil pengumuman SNMPTN menyatakan bahwa kamu belum lolos, tapi kamu masih ingin berusaha untuk mendaftar ke PTN impian, masih ada SBMPTN. Akan tetapi, sebelumnya kamu perlu ikut Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK terlebih dahulu.

Kalau kamu belum tahu, UTBK merupakan ujian berbasis komputer dan hasil atau nilai ujiannya bisa kamu gunakan dalam seleksi SBMPTN nanti. Jadi, singkatnya UTBK itu sekadar ujiannya saja sampai nanti kamu mendapatkan nilai. Sementara itu, proses SBMPTN merupakan proses seleksi pendafaran PTN hingga pemilihan jurusan.

Lalu, kapan pelaksanaan UTBK tahun 2020? Terlepas dari pandemi Covid-19 yang sedang melanda Tanah Air, LTMPT telah memastikan bahwa UTBK 2020 akan tetap diadakan, kok. Hanya saja, jadwalnya mengalami perubahan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jadwal penyelenggaraan UTBK 2020 dan SBMPTN 2020:
Pendaftaran UTBK dan SBMPTN berlangsung pada 2 s.d 20 Juni 2020.
UTBK 2020 diselenggarakan pada 5 s.d 12 Juli 2020, berubah menjadi 2 (dua) tahap pada 5 s.d Juli 2020 dan 20 s.d 29 Juli 2020.
Pengumuman SBMPTN 2020 dirilis pada 25 Juli 2020, kemudian diundur menjadi 20 Agustus 2020 berdasarkan pengumuman LTMPT pada Rabu, 24 Juni 2020.

Berdasaran penjelasan Mohammad Nasih selaku Ketua Tim Pelaksana LTMPT, pendaftaran UTBK 2020 dan SBMPTN 2020 dilakukan secara bersamaan dalam satu kali proses. Jadi, peserta sudah harus memilih lokasi tes UTBK, PTN, dan program studi yang dituju secara sekaligus.

Dan masih sama seperti sebelumnya, UTBK wajib kamu ikuti jika kamu akan mengikuti seleksi SBMPTN, ya! Karena sekali lagi, hasil atau nilai UTBK digunakan untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SBMPTN. Bahkan, hasil UTBK juga digunakan dalam seleksi jalur mandiri PTN maupun Perguruan Negeri Swasta (PTS), lho!

Itulah info mengenai cara akses pengumuman SNMPTN dan UTBK untuk kamu yang akan mengikuti seleksi SBMPTN.

(erd/erd)