Hutama Karya Berdayakan UMKM Binaan Produksi Masker untuk Disalurkan

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 17:16 WIB
HK
Foto: Hutama Karya
Jakarta -

Bantuan untuk memerangi COVID-19 terus berdatangan dari berbagai pelaku usaha, tidak hanya kepada para tenaga medis, namun juga masyarakat dan juga pelaku di sektor ekonomi khususnya UMKM. Hal ini juga dilakukan oleh PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) yang telah menyalurkan berbagai bantuan di antaranya penyaluran ratusan ribu masker yang diproduksi oleh UMKM Lokal di Sumatera Utara.

Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan (SEVP) Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengatakan perusahaan telah memberikan slot khusus untuk disalurkan kepada pelaku UMKM, sebesar Rp 1,7 M akan disalurkan ke 7 UMKM di Jabodetabek dan Sumatera Utara. Dana tersebut berasal dari hasil penggalangan dana baik dari penyisihan gaji secara sukarela dari karyawan dan pemotongan THR Direksi dan Komisaris, serta dana CSR/PKBL, perusahaan telah memberikan slot khusus untuk disalurkan kepada pelaku UMKM.

Selain untuk mendorong produksi UMKM dan mitra binaan, dana bergulir dalam program kemitraan Hutama Karya tersebut juga dimaksudkan agar kondisi para mitra binaan tidak tertekan akibat pandemi COVID-19.

"Ketika Hutama Karya memutuskan untuk mengelola mitra binaan, maka kita memiliki tanggung jawab untuk terus hadir bagi mereka termasuk dalam kondisi seperti saat ini. Seperti APD, masker, dll yang kami salurkan untuk masyarakat terdampak COVID-19, diproduksi oleh mitra binaan kami," ungkap Fauzan dalam keterangan tertulis, Jumat (26/6/2020).

Hutama Karya juga menggunakan jasa produksi UMKM Lokal yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara untuk pengadaan masker kain di sana. Masker kain ini disalurkan langsung kepada masyarakat di Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Nias Selatan, Nias Barat, Nias Utara, dan Nias.

Berbagai UMKM di sana dikerahkan untuk memproduksi 23.000 masker, di antaranya adalah Alva Tailor (Gunung Sitoli, Kep. Nias), UMKM Bolang Toba (Laguboti), jaringan penjahit di Kecamatan Ajibata dan Kecamatan Balige di Toba, dan Bless Konveksi di Kota Bandung, Jawa Barat.

"Penyaluran bantuan oleh Hutama Karya ini tidak akan berhenti sampai di sini. Hutama Karya akan terus menyalurkan bantuan sebagai komitmen perusahaan untuk terus hadir dalam memerangi COVID-19," ungkap Fauzan.

Sebagai informasi selama tahun 2020, Hutama Karya telah mengelola sebanyak 8 UMKM sebagai mitra binaan di luar mitra subkon proyek yang digarap oleh perusahaan. Salah satu mitra binaan Hutama Karya, Mustopa dengan usahanya 'Media Damar Madani' mengaku sangat terbantu oleh bantuan yang diberikan.

"Kami berterima kasih kepada Hutama Karya yang peduli terhadap mitra binaannya. Selama COVID-19 ini, kami mendapat pesanan khusus dari Hutama Karya untuk pengadaan ratusan Alat Pelindung Diri (APD), masker medis, dan masker kain. Ini memberikan kesempatan bagi kami untuk tetap dapat mengembangkan usaha walaupun sedang dalam kondisi kekurangan daya beli dari masyarakat," pungkasnya

(akn/ega)