Selama Pandemi, Hutama Karya Telah Salurkan Rp 1,7 M ke 7 UMKM

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 17:02 WIB
HK
Foto: Hutama Karya
Jakarta -

Adanya pandemi COVID-19 berdampak pada berbagai sektor, salah satunya yang terdampak cukup signifikan adalah UMKM. Banyak pelaku UMKM yang terhambat dalam menjalankan usahanya karena kondisi daya jual yang saat ini semakin turun akibat pandemi sehingga menyumbang persentase khusus dalam pelemahan ekonomi.

Menanggapi hal tersebut, PT Hutama Karya (Persero) turut memberikan perhatian untuk pemulihan UMKM yang terkena imbas pandemi dengan memaksimalkan penyaluran bantuan kepada mitra binaan dan UMKM lokal. Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan (SEVP) Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengatakan dari hasil penggalangan dana baik dari penyisihan gaji secara sukarela dari karyawan dan pemotongan THR Direksi dan Komisaris, serta dana CSR/PKBL, perusahaan telah memberikan slot khusus untuk disalurkan kepada pelaku UMKM.

"Selama pandemi berlangsung hingga saat ini kami telah menyalurkan sebanyak Rp 1,7 miliar kepada UMKM. Total UMKM yang kami bantu ada sebanyak 7 usaha yang tersebar di Jabodetabek dan Sumatera Utara. Harapannya, melalui penyaluran ini, kami dapat mendorong UMKM lokal dan mitra binaan kami untuk terus berproduksi dan menyeimbangkan daya jual usaha tersebut," ujar Fauzan dalam keterangan tertulis, Jumat (26/6/2020).

Selain untuk mendorong produksi UMKM dan mitra binaan, lanjut Fauzan, dana bergulir dalam program kemitraan Hutama Karya juga dimaksudkan agar kondisi para mitra binaan tidak tertekan akibat pandemi COVID-19.

"Ketika Hutama Karya memutuskan untuk mengelola mitra binaan, maka kita memiliki tanggung jawab untuk terus hadir bagi mereka termasuk dalam kondisi seperti saat ini. Seperti APD, masker, dll yang kami salurkan untuk masyarakat terdampak COVID-19, diproduksi oleh mitra binaan kami," imbuhnya.

Sebagai informasi, Hutama Karya sebelumnya juga melakukan berbagai aktivitas penyaluran bantuan yang telah direalisasikan oleh perusahaan selama pandemi COVID-19, di mana bantuan tersebut bersumber dari dana CSR/PKBL dan realokasi Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2020 Direksi dan Dewan Komisaris Hutama Karya baik di kantor pusat, anak perusahaan, hingga afiliasi untuk kegiatan dan atau donasi kemanusiaan terkait penanggulangan COVID-19.

Berbagai kegiatan tersebut di antaranya penyaluran ratusan ribu masker dan Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga medis, hingga penyaluran ribuan paket sembako bagi seluruh sektor terdampak mulai dari masyarakat hingga lembaga.

(akn/ega)