Berdayakan Korban PHK, Kemnaker Buat Kegiatan Rutin Setiap Jumat

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 16:30 WIB
Kemnaker
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan memberdayakan pekerja terdampak COVID-19 pada program padat karya infrastruktur. Setiap hari Jumat, mereka dilibatkan dalam kegiatan penyenprotan disinfektan di berbagai tempat.

"Penyemprotan itu dilakukan oleh teman-teman yang di-PHK, yang dirumahkan, sehingga mereka mendapatkan penghasilan di saat tidak memiliki pendapatan," kata Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis, Jumat (26/6/2020).

Merespons dampak pandemi COVID-19 di sektor ketenagakerjaan, Kemnaker melakukan refocusing program dan kegiatan. Salah satunya adalah program padat karya infrastruktur yang difokuskan pada kegiatan penyemprotan disinfektan dengan memberdayakan pekerja korban PHK dan yang dirumahkan.

Kemnaker memberikan insentif kepada para pekerja yang terlibat pada kegiatan penyemprotan disinfektan. Program ini sudah berjalan sejak Maret 2020.

"Ini kegiatan setiap Jumat, cuma saya selalu pengen hadir. Kegiatan pemberdayaan bagi teman-teman yang di-PHK, dirumahkan, dengan cara kita arahkan untuk penyemprotan di lingkungan yang membutuhkan penyemprotan disinfektan," ungkap Ida.

Ida juga menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat di sekitar area penyemprotan disinfektan di Pegangsaan, Jakarta Pusat, Jumat (26/6/2020). Bantuan tersebut merupakan donasi dari Kemnaker dengan melibatkan sejumlah perusahaan. Adapun dalam pendistribusian bantuan tersebut Kemnaker melibatkan warga setempat.

"Saya kerja sama dengan ibu-ibu majelis taklim mengidentifikasi masyarakat pelaku UMKM yang terdampak COVID-19," terang Ida.

Berdasarkan data Kemnaker, jumlah pekerja yang terdampak COVID-19 sebanyak 1.757.464 pekerja. Terdiri dari pekerja sektor formal yang di-PHK sebanyak 380.221 pekerja, pekerja sektor formal yang dirumahkan sebanyak 1.058.284 pekerja, serta pekerja sektor informal dan UMKM yang terdampak sebanyak 318.959 orang

Tonton juga video 'Pemohon Kartu Kuning di Disnakertrans Subang Membeludak':

(akn/ega)