Pari Raksasa Langka Mabuk di Sungai Musi, Pemkab: Air Mengandung Belerang

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 10:34 WIB
Tiga dinas di Musi Banyuasin turun ke lokasi memantau situasi dan cek kualitas air Sungai Musi.
Tiga dinas di Musi Banyuasin turun ke lokasi memantau situasi dan cek kualitas air Sungai Musi. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang -

Fenomena ikan mengambang atau mabuk di aliran Sungai Musi, tepatnya di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, membuat heboh. Ikan itu mabuk karena air mengandung belerang.

Kondisi air Sungai Musi yang mengandung belerang baru diketahui setelah dari Dinas Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, hingga Dinas Kesehatan Musi Banyuasin turun ke lokasi. Tiga dinas itu juga memastikan ikan tidak mati, melainkan hanya mabuk.

"Tim kita sudah turun, kejadian seperti ini diperkirakan akibat air yang sangat keruh. Sehingga insangnya ditempel oleh lumpur, ini membuat mata ikan tidak bisa melihat," kata Plt Kepala Dinas Perikanan, Hendra Tris Tomy, Jumat (26/6/2020).

Melihat fenomena itu, ketiga dinas mulai mengambil sampel air sungai untuk dites. Tidak ada parameter yang menunjukkan kualitas air sungai yang ekstrem.

"Meski demikian, kami tetap berkoordinasi lagi sama DLH untuk mengecek parameter yang harus dites di laboratorium DLH," kata Tomy.

Tiga dinas di Musi Banyuasin turun ke lokasi memantau situasi dan cek kualitas air Sungai Musi.Tiga dinas di Musi Banyuasin turun ke lokasi memantau situasi dan cek kualitas air Sungai Musi. (Raja Adil Siregar/detikcom)

Tomy mengakui, dari pengamatan, terlihat fisik insang ikan berwarna merah. Namun ditempeli lumpur, bahkan diketahui daging ikan kenyal atau tidak lembut.

Selanjutnya
Halaman
1 2