Jatuh dari Motor Usai Rampas HP Warga di Mampang, Penjambret Ditangkap

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 19:45 WIB
Konferensi pers kasus penjambretan di Polsek Mampang Prapatan.
Konferensi pers kasus penjambretan di Polsek Mampang Prapatan. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Seorang warga di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, menjadi korban penjambretan. Polisi menyebut korban dijambret saat hendak mencari sarapan di pagi hari.

Kapolsek Mampang Kompol Sujarwo menyebut peristiwa penjambretan itu terjadi di Jalan Mampang Prapatan X, Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (24/6/2020) pukul 06.37 WIB. Menurutnya, korban yang tengah berjalan hendak membeli makan tiba-tiba dipepet 2 orang tak dikenal.

"Saat warga yang tinggal di Tegal Parang itu akan mencari jajanan untuk sarapan, namun pada saat di perjalanan langsung dipepet pelaku dengan berboncengan," kata Sujarwo dalam konferensi pers di Polsek Mampang Prapatan, Jaksel, Kamis (25/6).

Dia mengatakan, dalam aksi penjambretan itu, sempat terjadi tarik-menarik karena korban berusaha mempertahankan HP miliknya. Karena pelaku menggunakan motor, saat kejadian itu korban ikut terseret beberapa meter.

"Akibat tarik-menarik tersebut, motor pelaku oleng dan masuk ke dalam selokan, selanjutnya kedua pelaku melarikan diri," katanya.

Korban, yang dalam keadaan terluka, lalu meminta pertolongan warga sekitar dan polisi yang berada dekat lokasi. Kemudian pelaku tersebut dikejar dan salah seorang pelaku yang mengemudikan motor, yaitu HP (26), berhasil ditangkap tidak jauh dari lokasi kejadian.

"Pelaku lainnya F berhasil melarikan diri dengan membawa HP milik korban," katanya.

Akibat perbuatannya, tersangka dikenai Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

(fas/mea)