Lewat Platform Digital, ACT Ajak Masyarakat Sedekah untuk Lawan Corona

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 17:51 WIB
ACT
Foto: Inkana Putri/detikcom
Jakarta -

Selama pandemi, berbagai program sosial untuk membantu masyarakat terdampak terus digiatkan. Hari ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar acara ACT Fest 2020 Tambahkan Sedekah Tumbuhkan Berkah untuk mengajak masyarakat bersedekah guna membantu masyarakat terdampak COVID-19.

Melalui acara ini, Presiden ACT, Ibnu Khajar mengajak masyarakat untuk fokus untuk membantu sesama, salah satunya dengan bersedekah. Menurutnya, momentum ini sangat tepat bahkan dapat dijadikan solusi untuk meringankan pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Orang melihat banyak problem pasca COVID begitu banyaknya PHK dimana-mana, perekonomian kita minus 7 persen dan pengangguran juga naik. Kita ingin ajak kepada masyarakat jangan fokus pada masalah, tapi untuk tetap berpikir positif," katanya saat ditemui di Menara 165, Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Dalam mempermudah masyarakat dalam bersedekah, ACT menghadirkan platform digital Indonesia Dermawan yang dapat diakses melalui laman resmi indonesiadermawan.id. Melalui platform ini, masyarakat dapat melakukan donasi atau sedekah dengan mudah dan cepat.

"ACT Fest sebenarnya tema dimana kita sosialisasi indonesiadermawan.id adalah platform crowdfunding, platform sedekah. Disitu ada list seluruh program-program ACT, ada sumur wakaf Palestina, ada juga qurban, dan segala macem langsung kita implementasiin," ujar Presiden Global Qurban ACT Hafid T. Mas'ud.

Lebih lanjut, Hafid mengatakan, penerima manfaat dari program ACT nantinya akan disesuaikan dengan program masing-masing. Dalam platform Indonesia Dermawan, hal-hal terkait jumlah donasi, dan progress program dapat dilihat lengkap dan detail.

"Sasaran penerima sesuai dengan programnya ACT ada pangan, ada modal usaha, dan banyak. Jadi poin pentingnya disitu menjadi semacam etalase untuk semua orang berbuat baik. Kalau yang ingin bergerak membantu silahkan, atau orang yang ingin merekomendasikan (bantuan) bisa langsung datang ke kantor ACT dan bisa kita jadikan program," pungkasnya.

Di tengah pandemi ini, ia juga memaparkan bahwa jumlah orang yang berdonasi semakin banyak, namun nominal donasi semakin sedikit. Itulah mengapa melalui ACT Fest 2020, ACT mengajak masyarakat untuk bersedekah membantu sesama. Seluruh donasi akan diberikan untuk berbagai program terkait persoalan baik kebutuhan emergency, pangan, pendidikan, atau recovery.

(ega/ega)