Japorman Mundur, Djarot Saiful Hidayat Jadi Plt Ketua PDIP Sumut

Ahmad Arfah - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 16:07 WIB
Djarot Saiful Hidayat
Djarot Saiful Hidayat (Ari Saputra/detikcom)

Dengan pengunduran dirinya, Japorman menyebut DPP PDIP sudah menunjuk orang yang akan menggantikan posisinya. Posisi Plt Ketua DPIP Sumut, kata Japorman, akan diisi oleh Ketua DPP PDIP yang juga anggota DPR dari Dapil Sumut III, Djarot Saiful Hidayat.

"DPP sudah menunjuk Djarot Saiful Hidayat sebagai Plt Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut dan semoga Pak Djarot nantinya bisa lebih memajukan PDI Perjuangan di Sumut ke depan," ucap Japorman.

Sebagai informasi, Japorman pertama sekali terpilih menjadi ketua DPD PDIP Sumut pada 2015. Kemudian, dia terpilih kembali menjadi ketua pada Konferensi Daerah PDIP Sumut pada 2019.

Japorman sendiri kini tengah menghadapi masalah hukum di KPK. Mantan anggota DPRD Sumut ini berstatus sebagai tersangka kasus dugaan suap dari mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho.

KPK sebelumnya telah menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan suap anggota DPRD Sumatera Utara. Total ada 14 tersangka baru yang ditetapkan KPK.

"Ada 14 tersangka yang ditetapkan KPK," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (30/1).

KPK menduga 14 eks anggota DPRD Sumut itu turut menerima uang dari Gatot. Berikut ini daftar 14 nama mantan anggota DPRD Sumut yang menjadi tersangka:

1. Sudirman Halawa
2. Rahmad Pardamean Hasibuan
3. Nurhasanah
4. Megalia Agustina
5. Ida Budiningsih
6. Ahmad Hosein Hutagalung
7. Syamsul Hilal
8. Robert Nainggolan
9. Ramli
10. Mulyani
11. Layani Sinukaban
12. Japorman Saragih
13. Jamaluddin Hasibuan
14. Irwansyah Damanik

Halaman

(haf/haf)